HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SIKAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang bertitik tolak dari rumusan masalah umum yaitu: apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi penggunaan pendekatan CTL dengan sikap belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Bandung?. Secara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hendryan, Rizqi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29227/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03580 am a22003253u 4500
001 repoupi_29227
042 |a dc 
100 1 0 |a Hendryan, Rizqi  |e author 
245 0 0 |a HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SIKAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 
260 |c 2017-02-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/29227/1/S_KTP_1105400_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29227/2/S_KTP_1105400_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29227/3/S_KTP_1105400_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29227/4/S_KTP_1105400_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29227/5/S_KTP_1105400_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29227/6/S_KTP_1105400_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29227/7/S_KTP_1105400_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29227/8/S_KTP_1105400_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29227/9/S_KTP_1105400_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29227/10/S_KTP_1105400_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang bertitik tolak dari rumusan masalah umum yaitu: apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi penggunaan pendekatan CTL dengan sikap belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Bandung?. Secara lebih khusus yaitu apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan pendekatan CTL dengan sikap belajar aspek menerima (receiving), aspek merespon (responding) dan aspek menilai (valuing) pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bandung?. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif korelasional dan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen non tes yaitu angket dan studi dokumentasi Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan cara probability sampling dengan teknik simple random sampling. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara pendekatan CTL dengan sikap belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Negeri 1 Bandung.;---This study answer the research question in general that are: is there any positive and significant relationship between the use of CTL approach and students' learning activities of social science subjects in SMPN 1Bandung?. Specifically, the problems of the study are: is there any positive and significant relationship between the use of CTL approach and students' learning attitude receiving aspect, responding aspect, and valuing aspect?. Research method used in this study is descriptive correlational which use quantitative design. Research instrument of this study is a non - test questionnaire and documentation studies . Sample collection in this study is done by using probability sampling, simple random sampling technique. In general, it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the use of CTL approach and students' learning activities of social science subjects grade VII in SMPN 1 Bandung. 
546 |a en 
690 |a H Social Sciences (General) 
690 |a HN Social history and conditions. Social problems. Social reform 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29227/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29227/