PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERSONAL (PERSONAL MODELS) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR BERMAIN FUTSAL SISWA: Studi Eksperimen Pada Ekstrakurikuler Futsal Putra SMA Nasional Bandung

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran personal terhadap kepercayaan diri siswa dan hasil belajar bermain futsal siswa pada ekstrakurikuler futsal putra SMA Nasional Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperim...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Amelia, Mila (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29263/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran personal terhadap kepercayaan diri siswa dan hasil belajar bermain futsal siswa pada ekstrakurikuler futsal putra SMA Nasional Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra SMA Nasional Bandung yang mengikuti ekstrakurikuler futsal sebanyak 20 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh, yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen kepercayaan diri menggunakan angket, sedangkan hasil belajar bermain menggunakan GPAI (Game Performance Assesment Instrument). Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang diperoleh dapat diketahui nilai signifikansinya adalah 2,024 dengan hasil pengujian angket kepercayaan diri 2,512 dan hasil pengujian hasil belajar bermain 3,715. Karena nilai signifikansi lebih besar dari 2,024 maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran personal (personal models) berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar bermain futsal siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Personal, kepercayaan diri dan hasil belajar bermain futsal siswa. The aim of this research is to find out whether personal models learning give significant impacts on student's confidence and their learning outcomes on men's indoor soccer extracuricular at national senior high school in bandung. Experimental study methodology is used in this research using One Group Pretest-Posttest Design. The population of this research includes twenty male students of national high school in bandung who joined indoor soccer extracurricular, while the sample of this research involves twenty students by using saturated sampling technique in which all of the populations are included as samples. Confidence instrument utilizes the use of questionnaires, while students learning outcomes make use of GPAI (Game Performance Assesment Instrument). Based on the data processing and analysis gained,it can be discovered that the point of significance reached 2,024 with the result of confidence questionnaires of 2,512 and the result of students learning outcomes of 3,715. Since the point of significance is higher than 2,024, accordingly H0 is rejected. Therefore, it can be concluded that Personal models learning give significant impact on students confidence and indoor soccer learning outcomes. Keywords : Personal models learning, confidence and students outcomes of indoor soccer.
Item Description:http://repository.upi.edu/29263/1/S_JKR_1300829_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29263/2/S_JKR_1300829_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29263/3/S_JKR_1300829_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29263/4/S_JKR_1300829_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29263/5/S_JKR_1300829_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29263/6/S_JKR_1300829_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29263/7/S_JKR_1300829_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29263/8/S_JKR_1300829_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29263/9/S_JKR_1300829_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29263/10/S_JKR_1300829_Appendix.pdf