PERAN MATA PELAJARAN PKn DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SISWA YANG RELIGIUS DAN NASIONALIS DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM TERPADU

Dunia pendidikan dewasa ini dihadapkan pada berbagai masalah yang sangat kompleks, sehingga perlu mendapat perhatian khusus. Beberapa masalah di antaranya adalah menurunnya terjadinya dekandensi moral dan rasa kebangsaan dalam diri siswa. Sekolah berbasis islam terpadu merupakan salah satu lembaga p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Islamy, Thalita Nur (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-12-06.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29293/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03933 am a22002893u 4500
001 repoupi_29293
042 |a dc 
100 1 0 |a Islamy, Thalita Nur  |e author 
245 0 0 |a PERAN MATA PELAJARAN PKn DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SISWA YANG RELIGIUS DAN NASIONALIS DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM TERPADU 
260 |c 2016-12-06. 
500 |a http://repository.upi.edu/29293/1/S_PKN_1102291_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29293/2/S_PKN_1102291_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29293/3/S_PKN_1102291_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29293/4/S_PKN_1102291_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29293/5/S_PKN_1102291_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29293/6/S_PKN_1102291_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29293/7/S_PKN_1102291_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29293/8/S_PKN_1102291_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29293/9/S_PKN_1102291_Bibliography.pdf 
520 |a Dunia pendidikan dewasa ini dihadapkan pada berbagai masalah yang sangat kompleks, sehingga perlu mendapat perhatian khusus. Beberapa masalah di antaranya adalah menurunnya terjadinya dekandensi moral dan rasa kebangsaan dalam diri siswa. Sekolah berbasis islam terpadu merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mengintegrasikan pembelajaran umum berbasis nilai-nilai dan ajaran islam. Oleh sebab itu, perlu dikaji bagaimana peran mata pelajaran PKn di sekolah berbasis islam terpadu dalam menumbuhkan rasa nasionalis dan religius untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas. Bertitik tolak pada uraian tersebut, penelitian ini berusaha mengungkapkan beberapa rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peran mata pelajaran Pkn dalam menumbuhkembangkan sikap siswa yang religius terhadap bangsa dan agama di sekolah berbasis islam terpadu SMP IT Salman Al- Farisi?; (2) Bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam membelajarkan PKn berbasis religius di sekolah berbasis islam terpadu SMP IT Salman Al-Farisi?; dan (3) Bagaimana upaya yang dihadapi guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam membelajarkan PKn berbasis religius di sekolah berbasis islam terpadu SMP IT Salman Al-Farisi?. Agar memudahkan dalam melaksanakan penelitian, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang berusaha mengungkapkan fakta-fakta yang terjadi di lapangan mengenai peran mata pelajaran PKn di sekolah berbasis islam terpadu dalam menumbuhkan rasa nasionalis dan religius. Adapun subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Kesiswaan, Guru PKn serta siswa kelas VIII SMP IT Salman Al-Farisi Bandung yang dipilih melalui random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mata pelajaran PKn berperan dalam menumbuhkan sikap religius dan rasa kebangsaan siswa di SMP IT Salman Al-Farisimelalui perpaduan Kurikulum Nasional 2013, kurikulum Departemen Agama dan Kurikulum Khas Salman Al- Farisi. Wujud dari penerapannya adalah pengintegrasian pembelajaran leadership (kepemimpinan), green education (pendidikan berbasis lingkungan) dan imtaq ke dalam mata pelajaran PKn; (2) Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan pembelajaran PKn berbasis religius untuk menumbuhkan sikap religius dan rasa kebangsaan siswa adalah kurangnya kompetensi guru itu sendiri dalam mengelola kelas; (3) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala di atas diantaranya mengikuti program Musyawarah Guru mata Pelajaran (MGMP) Pkn yang rutin dilaksanakan; membaca serta mempelajari beberapa literatur tentang penerapan model dan metode pembelajaran PKn. 
546 |a en 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29293/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29293/