EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK DICTOGLOSS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA PERANCIS

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran menyimak bahasa Perancis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) efektivitas penggunaan teknik dictogloss dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa; (2) hasil pembelajaran menyimak teks deskriptif dengan menggunak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aziz, Abdul Faiz (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29328/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04145 am a22003013u 4500
001 repoupi_29328
042 |a dc 
100 1 0 |a Aziz, Abdul Faiz  |e author 
245 0 0 |a EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK DICTOGLOSS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA PERANCIS 
260 |c 2017-06-16. 
500 |a http://repository.upi.edu/29328/1/S_PRS_1203020_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29328/2/S_PRS_1203020_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29328/3/S_PRS_1203020_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29328/4/S_PRS_1203020_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29328/5/S_PRS_1203020_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29328/6/S_PRS_1203020_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29328/7/S_PRS_1203020_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29328/8/S_PRS_1203020_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29328/9/S_PRS_1203020_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29328/10/S_PRS_1203020_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran menyimak bahasa Perancis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) efektivitas penggunaan teknik dictogloss dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa; (2) hasil pembelajaran menyimak teks deskriptif dengan menggunakan teknik dictogloss; (3) tanggapan siswa terhadap penggunaan teknik dictogloss dalam pembelajaran menyimak teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pra-experimental: one-group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan angket. Sampel penelitian ini adalah 35 karakteristik keterampilan menyimak siswa SMAN 6 Cimahi kelas XI IPS 4 Tahun Ajaran 2016/2017. Empat tahapan teknik dictogloss yang diimplementasikan, yaitu: (1) Persiapan; (2) Dikte; (3) Rekonstruksi; (4) Analisis dan Koreksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik dictogloss efektif dalam pembelajaran keterampilan menyimak teks deskriptif siswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh temuan data statistik tentang nilai uji t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai teknik dictogloss efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa SMA 6 Cimahi Tahun Ajaran 2016/2017 kelas XI IPS 4. Selanjutnya, efektivitas penggunaan teknik dictogloss dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 4.1 dan nilai ttabel sebesar 2.72 yang didapat dari taraf signifikasi 1% dan derajat kebebasan 34, maka nilai thitung < ttabel (nilai thitung kurang dari ttabel) dapat dikatakan bahwa hipotesis kerja (Hk) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.;---The background of the study is the difficulties of listening in French language by students. The purpose of this study is to describe; (1) the steps using dictogloss technique in teaching listening; (2) the effectiveness of dictogloss technique to increase the listening teaching in french; (3) the student's responses to using dictogloss technique in listening learning about text descriptive. This study uses descriptive quantitative method in form of pre-experimental design with one group pretest-posttest. Instrument that are used in the form of test and questionnaires. The sample of this research is 35 characteristics listening comprehension skill of student 11th class of SMAN 6 Cimahi 2016/2017 academic year. Four phases of dictogloss technique are implemented: (1) preparation; (2) dictation; (3) reconstruction; (4) analysis and correction. The result of study showed that the technique is effective in listening learning of students 11th class SMAN 6 Cimahi 2016/2017 academic year. It proved tvalue is 4.1 and ttable is 2.72 and degree of freedom is 34, then tvalue > ttable (nilai tvalue more than ttable) it can be concluded then the alternative hypothesis (Hk) is accepted and hypothesis zero (H0) is rejected. 
546 |a en 
690 |a PB Modern European Languages 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29328/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29328/