PERSEPSI DIRI TENAGA PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN : Studi Kualitatif Deskriptif di Perpustakaan Sekolah MAN 1 Bandung

Penelitian ini memiliki fokus masalah mengenai banyaknya perpustakaan sekolah yang belum terkelola dengan baik. Hal tersebut dipengaruhi oleh kompetensi tenaga pengelola perpustakaan sekolah. Pada dasarnya tenaga pengelola perpustakaan tersebut diharapkan dapat memenuhi standar sesuai dengan sebagai...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Furauki, Nurru Alfi Fazri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29331/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini memiliki fokus masalah mengenai banyaknya perpustakaan sekolah yang belum terkelola dengan baik. Hal tersebut dipengaruhi oleh kompetensi tenaga pengelola perpustakaan sekolah. Pada dasarnya tenaga pengelola perpustakaan tersebut diharapkan dapat memenuhi standar sesuai dengan sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008 yang didalamnya terdapat kompetensi kepribadian tenaga pengelola perpustakaan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian tenaga pengelola perpustakaan sekolah. Penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan, yaitu "Bagaimana persepsi diri tenaga pengelola perpustakaan sekolah tentang kompetensi kepribadian di perpustakaan sekolah MAN 1 Bandung?". Secara khusus pertanyaan penelitian ini yaitu: Bagaimana kompetensi tenaga pengelola perpustakaan sekolah mengenai (1) kompetensi kepribadian dalam integritas yang tinggi; (2) kompetensi kepribadian dalam etos kerja yang tinggi. Tenaga pengelola dapat dikatakan memiliki sub-kompetensi integritas dan etos kerja tinggi apabila telah memenuhi semua indikator didalam kompetensi kepribadian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah tenaga pengelola perpustakaan dan peserta didik MAN 1 Bandung. Deskripsi hasil penelitian dari kompetensi kepribadian tenaga pengelola perpustakaan MAN 1 Bandung menunjukan bahwa pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku dalam hal integritas yang tinggi dan etos kerja yang tinggi yang belum sepenuhnya dimiliki dan dilaksanakan oleh tenaga pengelola perpustakaan. Untuk itu diharapkan kepada tenaga pengelola perpustakaan MAN 1 Bandung untuk dapat mengembangkan kompetensinya dalam bidang kompetensi kepribadian.;---This research is focused on the problem of the large number of school libraries that have not been managed properly, which influenced by the competency of the library manager. Essentially, the library manager personnel are expected to meet the standards in accordance with what stated in the National Education Ministerial Regulation No. 25 in 2008 which contained the competency of the personality of the school library manager personnel. This research aims to figure out the personality competency of the school library manager. This study answers the research questions that has been formulated, namely "How does the self-perception of the school library manager towards the personality competency at MAN 1 Bandung school library?" Specifically the research questions for this study are: How is the competency of the school library manager regarding (1) the competence of personality in high integrity; (2) the competence of personality in high work ethic. This research used the qualitative method with qualitative descriptive approach. The subjects of this research were the library manager and learners of MAN 1 Bandung. The description of the research result of personality Competency of MAN 1 Bandung school library manager personnel shows that the knowledge, skill and behavior in terms of high integrity and work ethic have not fully owned and administered by the library manager. Thus, it is expected for the school library manager at MAN 1 Bandung that develop competencies in the field of competence of personality.
Item Description:http://repository.upi.edu/29331/1/S_PSPI_1301792_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29331/2/S_PSPI_1301792_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29331/3/S_PSPI_1301792_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29331/4/S_PSPI_1301792_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29331/5/S_PSPI_1301792_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29331/6/S_PSPI_1301792_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29331/7/S_PSPI_1301792_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29331/8/S_PSPI_1301792_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29331/9/S_PSPI_1301792_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29331/10/S_PSPI_1301792_Appendix.pdf