PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTU MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMK

Penelitian yang berjudul "Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMK" merupakan penelitian untuk mengetahui perbedaan antara metode pembelajaran berbasis masalah berbantu multimedia dengan pembelajaran konvensional. Tujuannya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ramdhan, Wendyana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29342/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian yang berjudul "Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMK" merupakan penelitian untuk mengetahui perbedaan antara metode pembelajaran berbasis masalah berbantu multimedia dengan pembelajaran konvensional. Tujuannya untuk mengetahui apakah pembelajaran berbasis masalah berbantu multimedia ini memberikan peningkatan terhadap pemahaman siswa yang belajar menggunakan metode tersebut, dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajarannya. Pada penelitian ini penulis menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design dimana dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang tidak dipilih secara penugasan random (Sugiyono, 2010:116). Dari hasil uji hipotesis dengan hasil kelas kontrol memperoleh skor total 12,779 dan rata-rata 0,376. Skor tertinggi kelas kontrol adalah 0,667 dan skor minimalnya 0. Sedangkan kelas eksperimen diperoleh skor total 23,508 dan rata-rata 0,691. Skor tertinggi kelas kontrol adalah 0,875 dan skor minimalnya 0. skor rata-rata kelas kontrol dan eksperimen masuk ke dalam kategori sedang dengan perbandingan nilai rata-rata dari kelas kontrol dan eksperimen adalah 0,376 < 0,691. Dari hasil perbandingan ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, kuasi eksperimen, hasil belajar The study, entitled "Method of Use of Multimedia Assisted Problem Based Learning To Improve Student Comprehension SMK" is a study to determine the difference between the methods of problem-based learning multimedia assisted with conventional learning. The goal is to determine whether the problem-based learning multimedia-assisted This gives rise to the understanding that students learn to use such methods, and to find out how the students' response to learning. In this study the authors use design pretest-posttest control group design Nonequivalent which in this design there are two groups: control group and the experimental group who were not chosen at random assignment (Sugiyono, 2010: 116). From the results of hypothesis testing with the results of the control class obtain a total score of 12.779 and an average of 0.376. The highest score of control class is 0.667 and the minimum score of 0. The experimental group obtained a total score of 23.508 and an average of 0.691. The highest score of control class is 0.875 and the minimum score of 0. The average score of the control and experimental classes fit into the category of being a ratio of the average value of grade control and experiment is 0.376 < 0.691. From the results of this comparison showed that the experimental class learning outcome is better than the control class. Keywords: Problem-based learning, quasi-experimental, learning outcomes
Item Description:http://repository.upi.edu/29342/1/S_KOM_0905872_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29342/2/S_KOM_0905872_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29342/3/S_KOM_0905872_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29342/4/S_KOM_0905872_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29342/5/S_KOM_0905872_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29342/6/S_KOM_0905872_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29342/7/S_KOM_0905872_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29342/8/S_KOM_0905872_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29342/9/S_KOM_0905872_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29342/10/S_KOM_0905872_Appendix.pdf