KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN SIFAT PERIODIK UNSUR MENGGUNAKAN METODE DEBAT

Penelitian ini berjudul "Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Pokok Bahasan Sifat Periodik Unsur Menggunakan Metode Debat". Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kenyataan di lapangan bahwa sebagian pembelajaran kimia yang disampaikan masih menggunakan metode konvensional, ak...

ver descrição completa

Na minha lista:
Detalhes bibliográficos
Autor principal: Ramdhani, Adelia Maya (Autor)
Formato: Academic Paper
Publicado em: 2017-06-12.
Assuntos:
Acesso em linha:http://repository.upi.edu/29352/
Tags: Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
Descrição
Resumo:Penelitian ini berjudul "Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Pokok Bahasan Sifat Periodik Unsur Menggunakan Metode Debat". Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kenyataan di lapangan bahwa sebagian pembelajaran kimia yang disampaikan masih menggunakan metode konvensional, akibatnya siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan kemampuan kognitif siswa dalam materi kimia masih rendah. Salah satu metode yang tepat digunakan yaitu metode pembelajaran debat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran pokok bahasan sifat periodik unsur menggunakan metode debat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan metode debat, sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan metode ceramah. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung Barat yang terdiri atas 38 siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, tes tertulis (pretest dan posttest), dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan metode debat di kelas eksperimen termasuk ke dalam kriteria cukup berhasil, dengan rata-rata persentase lembar observasi 74,2%. Selain itu, diperoleh rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen dengan kriteria tinggi (72%) dan kelas kontrol dengan kriteria cukup (47,6%). Hasil angket menunjukkan pada umumnya siswa beranggapan bahwa pembelajaran menggunakan metode debat menyenangkan, tidak membosankan dan tidak sulit untuk diikuti, serta membuat lebih mudah dalam memahami pokok bahasan sifat periodik unsur dan dapat bermanfaat terhadap kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode debat efektif meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan sifat periodik unsur. ;---This research titled is " Students' Cognitive Abilities on Learning Subject of The Periodic Nature of Elements Using Debate Methods". This research is motivated due to the fact that some of chemistry lessons delivered still use conventional methods, consequently students are less active during learning. It causes students' cognitive abilities in chemistry matter is still low. One of right method to use is debate lesson methods. The purpose of this research is to know the students' cognitive abilities on learning subject of the periodic nature of elements using debate method. Research method used is quasi experiment with pretest-posttest nonequivalent control group design. In the experiment class learning doing by debate method, while in the control class learning doing by speech method. Research subject is grade 10th at one of senior high school in West Bandung District consisting 38 students experiment class and control class. Research instruments in form of observation sheet, written test (pretest and posttest), and questionnaire. The results showing the implementation of debate method in experiment class entering the criteria is successful, with average percentage of observation sheets 72.4%. Besides, the average of N-Gain value is obtained with high criteria (72%) and control class with sufficient criteria (47.6%). Questionnaire result showing generally students assume that learning using debate method is fun, not boring and not difficult to following, and make it easier to understand the subject of periodic nature of element as well as can be useful for daily life. The results showing using debate method is effective to increase students' cognitive abilities on subject of periodic nature of elements.
Descrição do item:http://repository.upi.edu/29352/1/S_KIM_1001084_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29352/2/S_KIM_1001084_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29352/3/S_KIM_1001084_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29352/4/S_KIM_1001084_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29352/5/S_KIM_1001084_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29352/6/S_KIM_1001084_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29352/7/S_KIM_1001084_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29352/8/S_KIM_1001084_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29352/9/S_KIM_1001084_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29352/10/S_KIM_1001084_Appendix.pdf