KASENIAN GONDANG BUHUN DI KAMPUNG KUTA DÉSA KARANGPANINGAL KACAMATAN TAMBAKSARI KABUPATÉN CIAMIS PIKEUN BAHAN PANGAJARAN MACA DI KELAS XII SMA : Ulikan Semiotik

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) sejarah dan perkembangan kesenian gondang buhun, (2) pelaksanaan pertunjukan kesenian gondang buhun, (3) unsur semiotik yang terdapat pada kesenian gondang buhun, (4) menerapkan hasil penelitian untuk bahan pembelajaran membaca artikel di kelas XII...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ulfa, Diah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29396/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) sejarah dan perkembangan kesenian gondang buhun, (2) pelaksanaan pertunjukan kesenian gondang buhun, (3) unsur semiotik yang terdapat pada kesenian gondang buhun, (4) menerapkan hasil penelitian untuk bahan pembelajaran membaca artikel di kelas XII SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tehnik penelitian yang digunakan adalah telaah pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah pustaka, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan alat untuk merekam berupa handphone. Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, kesenian gondang buhun merupakan seni (tutunggulan) yang menggunakan alu dan lisung. Gondang artinya menumbuk padi menggunakan alu dan lisung sambil bernyanyi. Kegiatan (tutunggulan) yang tadinya merupakan proses menumbuk padi menjadi beras serta fungsinya untuk menghormat terhadap Dewi Sri, sekarang mengalami perubahan menjadi kesenian yang mempunyai fungsi untuk hiburan; kedua, pelaksanaan kesenian gondang buhun ada dua tahap, yaitu sebelum pelaksanaan berlangsung dan waktu berlangsungnya; ketiga, unsur semiotik yang terdapat dalam kesenian gondang buhun berjumlah 52, yang terdiri dari 7 ikon, 5 indeks, dan 40 simbol; keempat, unsur semiotik yang terdapat dalam kesenian gondang buhun bisa dijadikan salah satu alternatif bahan pembelajaran membaca artikel budaya di kelas XII SMA.----------This research aimed to describe (1) The History and arts development Gondang Buhun, (2) The performance of Gondang Buhun art show, (3) semiotic elements in Gondang Buhun art, (4) applying the results of research on learning materials read the article in the class XII High School. The method used in the research is descriptive method with qualitative approach. The research techniques used are literature review, observation, interview, and documentation. The instruments used in this research are literature review, observation guides, interview guides, and tools for reconding in the from of handphone. The results of this research are:first, art gondang buhun is art (tutunggulan) that use alu and lisung. Gondang means pounding paddy using alu and lisung while singing. Activites (tutunggulan) which was a process of pounding paddy into rice and its funtion to respect for Dewi Sri, now experiencing a change into the arts that have the funtion to entertain; Secondly, the artistry art gondang buhun there are two stages, namely before the implementation took place and the time it took place; Third, semiotic element contained in gondang buhun art are 52, which consists of 7 icons, 5 indexes, and 40 symbols; fourth, these four semiotic elements contained in gondang buhun art can be used as an alternative learning materials in reading articles in the class XII of senior high school.
Item Description:http://repository.upi.edu/29396/1/S_DB_130199_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29396/2/S_DB_130199_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29396/3/S_DB_130199_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/29396/4/S_DB_130199_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29396/5/S_DB_130199_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29396/6/S_DB_130199_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29396/7/S_DB_130199_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29396/8/S_DB_130199_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29396/9/S_DB_130199_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29396/10/S_DB_130199_Appendix.pdf