PENERAPAN PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS SISWA SEKOLAH DASAR

Penelitian yang dilaksanakan di SDN S Kota Bandung ini dilatar belakangi oleh rendahnya kecerdasan naturalis siswa. Hal tersebut ditandai dengan pembelajaran disekolah tidak memberikan pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam menjelajah dan memahami alam sekitar. Penelitian ini...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Cahyaningrum, Nofi Safitri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2941/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian yang dilaksanakan di SDN S Kota Bandung ini dilatar belakangi oleh rendahnya kecerdasan naturalis siswa. Hal tersebut ditandai dengan pembelajaran disekolah tidak memberikan pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam menjelajah dan memahami alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran SETS dalam meningkatkan kecerdasan naturalis siswa sekolah dasar dan mendeskripsikan peningkatan pembelajaran SETS untuk meningkatkan kecerdasan naturalis siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan pada siklus I presentase kecerdasan naturalis siswa sebesar 43% dengan kategori kurang dan meningkat pada siklus II menjadi 83% dengan kategori baik terhadap kecerdasan naturalis siswa, hal ini karena pembelajaran SETS mencakup komponen environment yang berhubungan dengan kecerdasan naturalis sebagai kecerdasan alam. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa model pembelajaran SETS dapat meningkatkan kecerdasan naturalis siswa kelas 1B SDN S. ;--- The research at SDN S Bandung City is backed by low intelligence naturalist students. It is characterized by learning in school does not provide direct experience of induced develop students' competence in exploring and understanding the nature around. This study aims to describe the application of SETS learning to improve the naturalist intelligence of elementary school students and to describe the improvement of SETS learning to increase students' naturalist intelligence. The method of this research is Classroom Action Research (PTK) Kemmis and Taggart model implemented in two cycles. The result of the research shows that in cycle I the percentage of naturalist student's intelligence is 43% with less category and increased in cycle II to 83% with good category to student naturalist's intelligence, this is because SETS learning includes environment component related to naturalist intelligence as natural intelligence . From these results, it is concluded that the SETS learning model can improve the naturalist intelligence of grade 1B students SDN S.
Item Description:http://repository.upi.edu/29410/1/S_PGSD_1306784_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29410/2/S_PGSD_1306784_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29410/3/S_PGSD_1306784_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29410/4/S_PGSD_1306784_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29410/5/S_PGSD_1306784_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29410/6/S_PGSD_1306784_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29410/7/S_PGSD_1306784_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29410/8/S_PGSD_1306784_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29410/9/S_PGSD_1306784_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29410/10/S_PGSD_1306784_Appendix%20%28Recovered%29.pdf