PENGARUH FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK (MAPL) PADA KELAS XI AP 1 DAN XI AP 2 DI SMK PGRI 2 CIMAHI

Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 Cimahi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar peserta didik kelas XI AP 1 dan XI AP 2. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada nilai Ujian Akhir Semester pada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yasmin, Zafira (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29426/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 Cimahi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar peserta didik kelas XI AP 1 dan XI AP 2. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada nilai Ujian Akhir Semester pada Mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Responden adalah peserta didik kelas XI AP 1 dan XI AP 2 di SMK PGRI 2 Cimahi sebanyak 70 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa fasilitas laboratorium komputer berada pada kategori baik/efektif, metode mengajar guru pada kategori baik/efektif, dan hasil belajar peserta didik berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis regresi, diperoleh hasil bahwa fasilitas laboratorium komputer dan metode mengajar guru baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar. ;---The Study is done in SMK PGRI 2 Cimahi. Problems in this research is ineffective study results students Clas XI Administration Office. This is proven by the high number of students who has not reached Minimal Complete Criteria (KKM) at the end of the semester test scores in the MAPL subject. This research used survey method. Data collection techniques uses questionare. The respondents were students grade XI department of Office Administration in SMK PGRI 2 Cimahi as many as 70 people. The data technique analysis uses is regression analysis and dual analysis regression. The result of this study indicate that the computer laboratory facilities include in good/effective category, teaching methods in good/effective category. Based on the analyzed of regression, the result revealed that the computer laboratory facilities and teaching methods to learn both partially and simultaneously, has the positive and significant influence toward students learning outcomes.
Item Description:http://repository.upi.edu/29426/1/S_PKR_1300652_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29426/2/S_PKR_1300652_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29426/3/S_PKR_1300652_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29426/4/S_PKR_1300652_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29426/5/S_PKR_1300652_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29426/6/S_PKR_1300652_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29426/7/S_PKR_1300652_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29426/8/S_PKR_1300652_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29426/9/S_PKR_1300652_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29426/10/S_PKR_1300652_Appendix.pdf