PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TELUSUR ILMU PADA PEMBELAJARAN PPKn DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK : Studi Kuasi Eksperimen Kelas VII di SMPN 1 Bandung

didik akan disiapkan untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggungjawab dimulai dari pembiasaan di sekolah. Jika partisipasi belajar peserta didik masih rendah berarti pembelajaran masih berpusat pada guru dan tidak mencerminkan suasana belajar yang aktif dan demokratis. Penelitian ini dilaku...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Amelia, Aam (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-05-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2957/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05083 am a22003133u 4500
001 repoupi_29507
042 |a dc 
100 1 0 |a Amelia, Aam  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TELUSUR ILMU PADA PEMBELAJARAN PPKn DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK : Studi Kuasi Eksperimen Kelas VII di SMPN 1 Bandung 
260 |c 2017-05-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/29507/1/S_PKN_1306218_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29507/2/S_PKN_1306218_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29507/3/S_PKN_1306218_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29507/4/S_PKN_1306218_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29507/5/S_PKN_1306218_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29507/6/S_PKN_1306218_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29507/7/S_PKN_1306218_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29507/8/S_PKN_1306218_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29507/9/S_PKN_1306218_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29507/10/S_PKN_1306218_Appendix.pdf 
520 |a didik akan disiapkan untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggungjawab dimulai dari pembiasaan di sekolah. Jika partisipasi belajar peserta didik masih rendah berarti pembelajaran masih berpusat pada guru dan tidak mencerminkan suasana belajar yang aktif dan demokratis. Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemukan pada pengamatan awal mengenai partisipasi belajar di kelas VII SMPN 1 Bandung yang belum cukup baik pada pembelajaran PPKn. Berdasarkan latarbelakang masalah tersebut maka peneliti mencoba menggunakan solusi berupa penerapan model Kooperatif Tipe Telusur Ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif Tipe Telusur Ilmu pada pembelajaran PPKn dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik. Peneliti menggunakan metode kuasi eksperimen, pendekatan kuantitif dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah peserta didik kelas VII di SMPN 1 Bandung. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII 4 (kelas eksperimen) dan VII 3 (kelas kontrol). Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi dianalisis dengan statistik deskriptif, uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Temuan pada penelitian ini yaitu: 1) Hasil tes awal dan tes akhir kelas eksperimen menunjukkan rata-rata hasil tes yang meningkat cukup signifikan karena penerapan model Kooperatif Tipe Telusur Ilmu; 2) Hasil tes awal dan tes akhir kontrol menunjukkan rata-rata hasil tes yang meningkat namun sangat rendah karena hanya menggunakan metode konvensional; 3) Tanggapan peserta didik pada penerapan model Kooperatif Tipe Telusur Ilmu sangat baik. 4) Peningkatan partisipasi belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol setelah diberi perlakuan.;-- Student participation is a crucial aspect in learning since students will be prepared to be good and responsible citizens starting from habituating at school. If students do not participate enough then it means that learning is still teacher-centred and does not reflect an active and democratic learning environment. This study was conducted based on challenges found in the initial observation on student participation in 7th grade classes of SMPN 1 Bandung which was lacking participation on Civic Education subject (PPKn). Taking the background of the problem as a point of departure, then the writer works on a solution of employing Science Exploration Cooperative Model. This study aims to determine the impacts of Science Exploration Cooperative Model in Civic Education (PPKn) to enhance student participation. The writer employs quasi-experimental methodology, quantitative approach and the non-equivalent control group design. The population is the 7th grade students at SMPN 1 Bandung. The sample in this study includes students of Class VII 4 (experimental class) and VII 3 (control class). Data collection using questionnaire and observation was analysed by employing descriptive statistics, normality test, homogeneity and hypothesis test (t test). The findings of the study are the following: 1) The result of the pre and the post-test of the experimental class reveals that the average of the result increases significantly due to the application of Science Exploration Cooperative Model; 2) Controlled pre and post-test shows an average test result that is increasing yet still very low as it only uses conventional methodology; 3) Response of students on the application of Science Exploration Cooperative Model is positive and 4) Increased participation of students from the experimental class is better than the control class after the intervention 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a Q Science (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29507/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2957/