PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMASANG SISTEM PENERANGAN DAN WIRING KELISTRIKAN DI SMK : Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Budi Raksa Lembang

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran kelistrikan Kompetensi Dasar memasang sistem penerangan dan wiring kelistrikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sidiq, Hanif Ahmad (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29535/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran kelistrikan Kompetensi Dasar memasang sistem penerangan dan wiring kelistrikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Tutor Sebaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang dilakukan pada kelas XI TKR SMK Budi Raksa Lembang sebanyak 32 siswa. Metode tutor sebaya adalah metode belajar mengajar dengan bantuan seorang peserta didik yang kompeten untuk mengajar peserta didik lainnya. Pengumpulan data yang dilakukan untuk mengukur aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan performance test. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut dalam kategori tinggi dan kategori sangat tinggi dan peningkatan hasil belajar siswa dengan n-gain dinormalisasi pada siklus I sebesar 0.61 dalam kategori sedang dan pada siklus II sebesar 0.77 pada kategori tinggi. Kesimpulannya bahwa dengan penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran kelistrikan Kompetensi Dasar memasang sistem penerangan dan wiring kelistrikan.----------This research surrounded by the low of learning activity and result of student learning at electricity study matter at basic competence for installs lighting system and wiring electricity. Intention of this research to know learning activity and result of student learning through application of Peer Tutoring Method. Research method applied is method classroom action research what consisted of two cycle done at class XI TKR SMK Budi Raksa Lembang as many as 32 students. Peer Tutoring Method is learning method teachs with help of an educative participant which competence to teach other educative participant. Data collecting done to measure student learning activity that is by using observation slab and data collecting to measure result of student learning that is by using performance test. Result of research of menunjukan that existence of improvement of student learning activity at cycle I and cycle II successively in categorizing very height and category height and improvement result of student learning with n-gain normalization at cycle I 0.61 in categorizing is medium and at cycle II 0.77 at high category. The conclusion of this research is the application of Peer Tutoring Method can increase learning activity and result of student learning at electricity study matter of at basic competence for installs lighting system and wiring electricity.
Item Description:http://repository.upi.edu/29535/1/S_TM_1009002_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29535/2/S_TM_1009002_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29535/3/S_TM_1009002_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/29535/4/S_TM_1009002_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29535/5/S_TM_1009002_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29535/6/S_TM_1009002_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29535/7/S_TM_1009002_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29535/8/S_TM_1009002_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29535/9/S_TM_1009002_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29535/10/S_TM_1009002_Appendix.pdf