PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS NILAI TERHADAP SIKAP KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PKN : Studi Kuasi Eksperimen Di SMKN 2 Bandung

Saat ini banyak teknologi modern yang sering digunakan oleh masyarakat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya pembaharuan dalam hasil pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam sebuah proses pembelajaran. Efeknya guru-guru dituntut untuk mampu berinovasi dan menggunakan al...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nainggolan, Novan (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-06.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29549/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Saat ini banyak teknologi modern yang sering digunakan oleh masyarakat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya pembaharuan dalam hasil pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam sebuah proses pembelajaran. Efeknya guru-guru dituntut untuk mampu berinovasi dan menggunakan alat-alat atau media yang yang terdapat disekolah. Melalui video ini mengubah materi ajar yang berupa teroritis menjadi kegiatan interaktif yang menunjukan prosedur pelaksanaan dari materi ajar. Media pembelajaran tersebut dikatakan berhasil jika dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran atau mencapai tujuan pembelajaran Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen dan subjek penelitian yaitu siswa kelas X TM SMKN 2 Bandung. Hasil penelitian ini yaitu: 1). Terdapat perbedaan sikap kewarganegaraan yang signifikan dari hasil tes sikap kewarganegaraan antara kelas eksperimen (X TM 11) yang menggunakan media video animasi berbasis nilai dengan kelas kontrol (X TM 10) yang menggunakan media konvensional; 2). Perencanaan penggunaan media video animasi berbasis nilai dalam pembelajaran PPKn; 3). Pelaksanaan penggunan media video animasi berbasis nilai dalam pembelajaran PPKn terlaksana secara sistematis mulai dari pembukaan hingga penutup; 4).. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi berbasis nilai dapat meningkatkan sikap bela negara siswa untuk meningkatkan karakter kewarganegaraan siswa pada mata pelajaran PPKn, siswa menjadi lebih bersemangat dan lebih antusias ketika dalam pembelajaran menggunakan media video animasi oleh karena itu video animasi media pembelajaran direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.;---Today many modern technologies that are commonly used by the public. The development of science and technology increasingly encourage renewal efforts in the results of the utilization of technology results in a learning process. The effect teachers are required to be able to innovate and use tools or media that are contained in all schools. Through this video teaching material in the form of changing teroritis be interactive activities that showed the procedure of implementation of the learning material. These learning media is said to be successful if it can improve the understanding of the students in the learning process or achieve the learning objectives of this research Approach uses a quantitative approach and quasi experimental methods and the subject of research i.e. grade X TM SMK N 2 Bandung. The results of this study are: 1). There is a difference significant citizenship attitudes of test results between experimental class citizenship attitudes (X TM 11 ) who used the media of video-based animation control with class value (X TM 10) which uses conventional media; 2). Planning use of media video animation-based value in learning Civics; 3). The implementation of the use of video media animation-based value in learning Civics be implemented systematically starting from opening to closing; 4). from the results of the study it was concluded that the use of video-based animation of media value can improve the attitude of the student countries to enhance defense character nationality students on Civics subjects, students become more excited and more enthusiastic when in learning to use media video animated therefore video animation learning media is recommended to be applied in the civic education study.
Item Description:http://repository.upi.edu/29549/1/S_PKN_1301598_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29549/2/S_PKN_1301598_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29549/3/S_PKN_1301598_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29549/4/S_PKN_1301598_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29549/5/S_PKN_1301598_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29549/6/S_PKN_1301598_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29549/7/S_PKN_1301598_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29549/8/S_PKN_1301598_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29549/9/S_PKN_1301598_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29549/10/S_PKN_1301598_Appendix.pdf