FENOMENA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA : Studi Deskriptif terhadap Perempuan Pemegang Jabatan Struktural Akademik dan Struktural Non-Akademik

Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan perempuan dan laki-laki yang hampir sama di Universitas Pendidikan Indonesia seharusnya berbanding lurus dengan jumlah pimpinan perempuan yang menduduki jabatan struktural akademik dan non akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurhizkhy, Dzikra (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29569/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04669 am a22003133u 4500
001 repoupi_29569
042 |a dc 
100 1 0 |a Nurhizkhy, Dzikra  |e author 
245 0 0 |a FENOMENA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA : Studi Deskriptif terhadap Perempuan Pemegang Jabatan Struktural Akademik dan Struktural Non-Akademik 
260 |c 2017-06-20. 
500 |a http://repository.upi.edu/29569/1/S_SOS_1303482_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29569/2/S_SOS_1303482_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29569/3/S_SOS_1303482_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29569/4/S_SOS_1303482_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29569/5/S_SOS_1303482_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29569/6/S_SOS_1303482_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29569/7/S_SOS_1303482_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29569/8/S_SOS_1303482_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29569/9/S_SOS_1303482_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29569/10/S_SOS_1303482_Appendix.pdf 
520 |a Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan perempuan dan laki-laki yang hampir sama di Universitas Pendidikan Indonesia seharusnya berbanding lurus dengan jumlah pimpinan perempuan yang menduduki jabatan struktural akademik dan non akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Temuan hasil penelitian ini mengungkap bahwa: (1) Konstruksi sosial di Universitas Pendidikan Indonesia masih menganggap peran perempuan sama dengan laki-laki, hanya untuk tugas kepemimpinan belum pantas untuk menjadi pemimpin, faktor agama sangat mempengaruhi konstruksi sosial tersebut. (2) Motivasi utama pimpinan perempuan adalah aktualisasi diri dan untuk menunjukan bahwa perempuan mampu memimpin. (3) Kesempatan yang diberikan civitas akademika telah sama tetapi perempuan lebih banyak tidak mengambil kesempatan kersebut. (4) Kendala yang dirasakan pimpinan perempuan diantaranya kendala dari laki-laki adalah pemberian stereotip bahwa perempuan tidak layak memimpin, kendala dari perempuan adalah perempuan tidak mendukung sesama perempuan untuk berkembang. (5) Dampak positif pimpinan perempuan adalah kinerja lembaga menjadi detail, teliti, terstruktur dan kronologis, mejadikan pekerjaan tepat waktu. Bagi keluarga, kepemimpinan perempuan dapat menjadi contoh sikap profesionalisme dalam bekerja. Dampak negatifnya, perempuan akan melibatkan sisi emosionalnya dan pengambilan keputusan pimpinan perempuan cenderung lama. Bagi keluarga, pimpinan perempuan terkadang lebih superior dalam keluarga karena terbiasa memimpin.;---Educators and educational power of women and men are almost equally in the Indonesia University of education should be directly proportional to the number of women occupying the post of chairmanship of structural academic and non academic. This research uses qualitative descriptive approach. Engineering data collection done by observation, in-depth interviews, and documentation. The findings of this research reveal that: (1) Construction of Social Education at the University of Indonesia still considers the role of women equal to men, only to the task of leadership have not deserved to be leaders, religious factors greatly affect the social construction. (2) the primary motivation of female leadership is self-actualization and to indicate that women were able to take the lead. (3) the civitas Academica opportunity has the same but more women not taking the chance kersebut. (4) the perceived Barriers of women's leadership including the constraints of the male is the awarding of the stereotype that women are not worthy of the lead, the constraints of women are women does not support fellow women to flourish. (5) the positive impact of women's leadership is the performance of the agencies be detailed, thorough, chronological, mejadikan structured and timely work. For families, the leadership of women can be an example of the attitude of professionalism in their work. Disruptive, women would involve the emotional side of decision-making and leadership of women tend to be long. For families, the leadership of women sometimes superior in the family because accustomed lead. 
546 |a en 
690 |a HD28 Management. Industrial Management 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29569/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29569/