EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN KARTU UNO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PEMAKAIAN POLA KALIMAT DASAR BAHASA JEPANG : Penelitian Eksperimen Murni Terhadap Siswa Kelas X SMAN 5 Bandung

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang sulit dipelajari oleh siswa, salah satu penyebabnya adalah siswa kesulitan dalam memahami, mengingat dan menggunakan struktur pola kalimatnya. Oleh karena itu, diperlukannya teknik penguatan yang efektif dan inovatif salah satunya adalah teknik permainan kartu UNO...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rukmananda, Yudhistira (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29584/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Bahasa Jepang merupakan bahasa yang sulit dipelajari oleh siswa, salah satu penyebabnya adalah siswa kesulitan dalam memahami, mengingat dan menggunakan struktur pola kalimatnya. Oleh karena itu, diperlukannya teknik penguatan yang efektif dan inovatif salah satunya adalah teknik permainan kartu UNO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan teknik permainan kartu UNO dapat meningkatkan pemahaman dan pemakaian pola kalimat dasar bahasa Jepang pada kelas X SMAN 5 Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen murni dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen = 4,51, sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol = 7,9. Nilai t-hitung yang diperoleh dari pretest = -10,9462 dan nilai t-tabel untuk db 51 = 2,0066 pada taraf signifikansi 5% dan 2,6737 pada taraf signifikansi 1%. Karena nilai t-hitung (-10,9462)  nilai t-tabel (2,0076 {5%} dan 2,6757 {1%}), maka Hk ditolak dan H0 diterima. Kemudian nilai rata-rata posttest kelas eksperimen = 8,33, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol = 7,59. Nilai t-hitung yang diperoleh dari posttest 2,6867, sedangkan nilai t-tabel untuk db 51 = 2,0066 pada taraf signifikansi 5% dan 2,6737 pada taraf signifikansi 1%. Karena nilai t-hitung (2,6878)  nilai t-tabel (2,0076 {5%} dan 2,6757 {1%}), maka Hk diterima dan H0 ditolak ;---The Japanese language is a difficult language to be learned by students, that one of the cause are the students have a trouble in understanding, remembering and using the sentence pattern. Therefore, an innovative and effective drill technique is needed and that one of technique is UNO cards game technique. This research is purposed to know whether the UNO card games technique can increase comprehension and usage of basic Japanese sentence pattern in first grade students of SMA Negeri 5 Bandung. The research method that used in this research is a true experiment research with Pretest Posttest Control Group research design. The research result has been earned are the pretest score mean in experiment class = 4,51, whereas the mean score in control class = 7,9. T-count score that has been earned from pretest = -10,9462 and t-table score for df 51 = 2,0076 in signification degree 5% and 2,6757 in signification degree 1%. Because of the t-count score (-10,9462)  t-table score (2,0076 {5%} and 2,6757 {1%}), then Hk rejected and H0 accepted. Afterward, the experiment class posttest score mean = 8,33 whereas the control class posttest score mean = 7,59. T-count score that has been earned from pretest = 2,6867 whereas t-table score for df 51 = 2,0076 in signification degree 5% and 2,6757 in signification degree 1%. Because of the t-count score (2,6878)  t-table score (2,0076 {5%} and 2,6757 {1%}), then Hk accepted and H0 rejected.
Item Description:http://repository.upi.edu/29584/1/S_JEP_1307193_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29584/2/S_JEP_1307193_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29584/3/S_JEP_1307193_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29584/4/S_JEP_1307193_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29584/5/S_JEP_1307193_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29584/6/S_JEP_1307193_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29584/7/S_JEP_1307193_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29584/8/S_JEP_1307193_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29584/9/S_JEP_1307193_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29584/10/S_JEP_1307193_Appendix.pdf