MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI TEKNIK TIME TOKEN ARENDS PADA PEMBELAJARAN IPS : Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-E SMPN 26 Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII-E SMPN 26 Bandung. Hal tersebut dapat dilihat dari keaktifan berbicara siswa yang hanya didominasi oleh beberapa orang saja. Sedangkan siswa yang lain hanya diam dan tidak berkontribusi dalam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mardiah, Siti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2967/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04941 am a22003133u 4500
001 repoupi_29607
042 |a dc 
100 1 0 |a Mardiah, Siti  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI TEKNIK TIME TOKEN ARENDS PADA PEMBELAJARAN IPS : Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-E SMPN 26 Bandung 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/29607/1/S_IPS_1307613_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29607/2/S_IPS_1307613_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29607/3/S_IPS_1307613_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29607/4/S_IPS_1307613_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29607/5/S_IPS_1307613_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29607/6/S_IPS_1307613_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29607/7/S_IPS_1307613_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29607/8/S_IPS_1307613_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29607/9/S_IPS_1307613_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29607/10/S_IPS_1307613_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII-E SMPN 26 Bandung. Hal tersebut dapat dilihat dari keaktifan berbicara siswa yang hanya didominasi oleh beberapa orang saja. Sedangkan siswa yang lain hanya diam dan tidak berkontribusi dalam menyampaikan gagasannya di depan kelas. Melihat permasalahan tersebut maka peneliti memilih teknik Time Token Arends sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai perencanaan, pelaksanaan, peningkatan dan refleksi dari penerapan teknik Time Token Arends untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan. Hasil dari penelitian ini adalah pertama perencanaan dilakukan dengan menentukan SK dan KD, membuat RPP serta instrumen penelitian. Kedua, pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya sehingga memperoleh hasil dengan kategori "baik". Ketiga, kendala selama pelaksanaan penelitian adalah menyusun materi yang bersumber dari pengalaman siswa sehingga dapat meningkatkan keberanian berbicara siswa. Kendala tersebut dapat diperbaiki dengan melakukan diskusi mengenai perancangan materi bersama teman sejawat dan guru mitra. Keempat, hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara pada setiap siklusnya. Siklus satu kemampuan berbicara siswa mencapai kategori "cukup", siklus dua kemampuan berbicara siswa mencapai kategori "baik" serta siklus tiga dan empat mencapai kategori "baik". Sehingga berdasarkan hal tersebut maka teknik Time Token Arends dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. ;---ABSTRACT The research supported by the low ability to speak students for social science learning in class 7th E at SMPN 26 bandung. This can be seen from livelines speak students who only dominated by some students. While other students just stand still and not contributing within to convey the ideas in front of the class. Seeing these problem, the researcher choose Time Token Arends technique as a solution to increase speaking students ability. The purpose of this reseach is to describe about the planning, implementation, improvement and reflection of the application of Time Token Arends technique to increase speaking students ability. The type of research that used is the class action Research (PTK) model Kemmis and Mc. Taggart which consists of four stages. The result of this research. First, planning is done by determining the SK and KD, making the RPP and research instrument. Second, the implementation of the class action is performed according to the plan has been compiled previously so that to obtain the result with the "good" category. Third, the constraints during the execution of the research is to compile the material sourced from the experience of the students so that they can increase courage speaking students. These constraint can be improved by discussing regarding the design of the materials with colleagues and partners. Fourth, the result of this research shows that there is an increased ability to talk on every cycle. Cycle 1 students speaking ability reaches the "enough" category, the 2nd cycle of students speaking ability reaches the "good" category and cycles 3 and 4 reach the "good" category. So based on this, then technique Time Token Arends can increase students speaking ability. 
546 |a en 
690 |a H Social Sciences (General) 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29607/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2967/