PENGARUH METODE QIYAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA ARAB (NAHWU) : Studi Eksperimen Kuasi di kelas X SMA Al-Musyawarah Lembang Tahun Ajaran 2014-2015

Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan lebih dari 20 negara di bumi ini, juga lebih dari 200 juta orang. Setiap bahasa yang ada di dunia ini pastilah memiliki kaidah atau tata bahsa masing-masing, termasuk bahasa Arab. Untuk menentukan kualitas seseorang mampu berbicara dan menulis bahasa Arab...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kurniawan, Indra (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-07.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29623/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03824 am a22003253u 4500
001 repoupi_29623
042 |a dc 
100 1 0 |a Kurniawan, Indra  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH METODE QIYAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA ARAB (NAHWU) : Studi Eksperimen Kuasi di kelas X SMA Al-Musyawarah Lembang Tahun Ajaran 2014-2015 
260 |c 2017-01-07. 
500 |a http://repository.upi.edu/29623/1/S_ARB_1105970_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29623/2/S_ARB_1105970_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29623/3/S_ARB_1105970_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29623/4/S_ARB_1105970_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29623/5/S_ARB_1105970_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29623/6/S_ARB_1105970_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29623/7/S_ARB_1105970_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29623/8/S_ARB_1105970_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29623/9/S_ARB_1105970_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29623/10/S_ARB_1105970_Appendix.pdf 
520 |a Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan lebih dari 20 negara di bumi ini, juga lebih dari 200 juta orang. Setiap bahasa yang ada di dunia ini pastilah memiliki kaidah atau tata bahsa masing-masing, termasuk bahasa Arab. Untuk menentukan kualitas seseorang mampu berbicara dan menulis bahasa Arab adalah dari tata bahasa Arabnya, jika salah tata bahsa Arabnya, maka salah pula arti dan maksudnya. Pada penelitian ini siswa kelas X SMA Al-Musyawarah Lembang memiliki kesulitan dalam memahami tata bahasa Arab sehingga berdampak pada kemampuan lainnya seperti membaca dan berbicara. Dampak tersebut disebabkan karena rendahnya tingkat kemampuan memahami tata bahasa Arab. Peneliti mencoba memberikan solusi untuk permasalahan di atas dengan menggunakan metode qiyas. Maka dari itu hasil penelitian ini memiliki tujuan apakah penggunaan metode qiyas ini berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan memahami tata bahasa Arab (Nahwu). Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Untuk penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol peneliti tidak memilih secara rendom, dikarenakan kelas yang tersedia hanya ada dua kelas saja yaitu kelas X A dan X B. Adapun test yang dilakukan hanya pretest dan posttest saja, dengan itu peneliti mampu mengukur tingkat kemampuannya. Untuk populasi penelitian ini yaitu Siswa Kelas X SMA Al-Musyawarah Lembang. Dan untuk sampel penelitian ini hanya kelas X A dan X B. Diperoleh hasil dari kedua kelas ini dengan rata-rata kelas eksperimen 57,50 sedangkan kelas kontrol 65,00. Kelas eksperimen diberikan treatment dengan menggunakan metode qiyas. Setelah itu dilakukan posttes dan diperoleh rata-rata pada masing-masing kelas yaitu kelas ekperimen memperoleh 81,50 sedangkan kelas kontrol 79,25. Merujuk pada hasil uji statistik menggunakan software IBM SPSS 20.0 for Windows didapatkan hasil hipotesis dengan taraf signifikansi 95 %, mean 19,125, standar deviasi 13,487, Sig. (2-tailed) 0.000, thitung 8,968 dan ttabel 1,729. Berdasarkan kriteria Ha diterima jika thitung > ttabel dan Ha ditolak jika thitung < ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak thitung (8,968) > ttabel (1,729). Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode qiyas terhadap kemampuan memahami tata bahasa Arab di kelas X SMA Al-Musyawarah Lembang. 
546 |a en 
690 |a BL Religion 
690 |a BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc 
690 |a PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29623/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29623/