PENERAPAN METODE PENUGASAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Penelitian ini membahas penerapan metode penugasan video dalam meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kreatif siswa SMA. Hal ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi dan informasi yang dapat mempengaruhi peserta didik, karaktersistik peserta didik pada generasi millenials, dan media be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aini, Rahmi Qurota (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29634/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03932 am a22003253u 4500
001 repoupi_29634
042 |a dc 
100 1 0 |a Aini, Rahmi Qurota  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE PENUGASAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/29634/1/S_BIO_1306481_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29634/2/S_BIO_1306481_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29634/3/S_BIO_1306481_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29634/4/S_BIO_1306481_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29634/5/S_BIO_1306481_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29634/6/S_BIO_1306481_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29634/7/S_BIO_1306481_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29634/9/S_BIO_1306481_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29634/10/S_BIO_1306481_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29634/11/S_BIO_1306481_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini membahas penerapan metode penugasan video dalam meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kreatif siswa SMA. Hal ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi dan informasi yang dapat mempengaruhi peserta didik, karaktersistik peserta didik pada generasi millenials, dan media berupa video yang biasanya digunakan dalam pembelajaran yang didapat oleh pengajar. Dalam penelitian eksperimen ini, peserta didik diberikan tugas untuk membuat produk kreativitas berupa video pada materi pencemaran lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan penguasaan konsep, berpikir kreatif siswa, dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk menghasilkan produk kreativitas berupa video. Berdasarkan data dan analisis data, ditemukan bahwa peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Peningkatan penguasaan konsep dan berpikir kreatif kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol berdasarkan nilai distribusi n-gain. Berdasarkan analisis hasil produk kreativitas siswa, ditemukan bahwa video yang dibuat oleh siswa berada dalam kategori baik. Walaupun begitu, metode penugasan video terhadap penguasaan konsep siswa belum berjalan efektif, hal ini ditunjukan dengan hanya 32% siswa yang memiliki nilai diatas KKM.;---This research will explain about the application of video assignment method to improve mastery concepts and creative thinking of high school students. Background of this reserach was technology and information development that affects to students, students as millenials generation characteristics, and media that used to made by teachers. The aim of the research was to know the improvement of mastery concept improvement, creative thinking improvement, and gave opportunity for the student to produce creativity product by student generated video. This research used experimental method with quantitative method. Based on the data analysist, the mastery of students' concepts and creative thinking ability of experimental class and control class were significant. The improvement of mastery of concept and creative thinking of control class were also higher than control class based on n-gain distribution value. Based on the analyssis of students' creativity product results, it was found that the videos made by the students were in good category. Nevertheless, the effectiveness of the video assignment method doesn't reach KKM. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a QH Natural history 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29634/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29634/