PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 2 BANDUNG

Keterampilan menggambar siswa yang kurang mumpuni pada mata pelajaran Gambar teknik khususnya materi aplikasi garis. Sebanyak 38% siswa yang mempelajari mata pelajaran Gambar teknik hasil belajarnya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM), 35,8% siswa hasil belajarnya sesuai dengan KKM, da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mustaqim, Zalil (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29643/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05108 am a22003133u 4500
001 repoupi_29643
042 |a dc 
100 1 0 |a Mustaqim, Zalil  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 2 BANDUNG 
260 |c 2017-12-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/29643/1/S_TM_1101844_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29643/2/S_TM_1101844_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29643/3/S_TM_1101844_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29643/4/S_TM_1101844_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29643/4/S_TM_1101844_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29643/5/S_TM_1101844_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29643/6/S_TM_1101844_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29643/7/S_TM_1101844_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29643/8/S_TM_1101844_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29643/9/S_TM_1101844_Appendix.pdf 
520 |a Keterampilan menggambar siswa yang kurang mumpuni pada mata pelajaran Gambar teknik khususnya materi aplikasi garis. Sebanyak 38% siswa yang mempelajari mata pelajaran Gambar teknik hasil belajarnya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM), 35,8% siswa hasil belajarnya sesuai dengan KKM, dan 26,2% hasil belajarnya diatas KKM. Salah satunya dikarenakan banyak siswa yang belum mempunyai keterampilan menggambar yang mumpuni. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengatasi faktor-faktor penghambat yang ada pada proses pembelajaran itu yaitu berupa metode pembelajaran. Upaya tersebut ditempuh dengan mengganti metode pembelajaran. Dari metode ceramah dan demonstrasi menjadi metode drill. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran drill dengan yang menggunakan metode ceramah dan demonstrasi pada mata pelajaran Gambar teknik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yang dignakan yaitu nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling, sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X TM di SMK Negeri 2 Bandung dengan kelas X TM 8 sebagai kelas kontrol dan kelas X TM 11 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan tidak adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan metode drill (kelas eksperimen) dengan kelas yang menggunakana metode ceramah dan demonstrasi (kelas kontrol) nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,53 yang termasuk pada kategori sedang,sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata N-Gain msebesar 0,48 yang termasuk pada kategori sedang. Kata kunci: Drill, Ceramah dan Demonstrasi, Hasil Belajar Peserta Didik, Aplikasi Garis, Gambar Teknik The lack of drawing ability is one of the factor that could be an obstacle in understanding drawing technique, especially in line application. The total 38% of student that has studied drawing technique showed the learning output that has not yet achieved minimum requirement, 35,8% of student leraning output appropriate with minimum requirement, and 26,2% of student the leraning output more than minimum requirement. because of students underperformance in drawing ability. Because of that, there must be a solution to solve those problem in the form of method learning. This effort was done by replaced method learning from lecture learning method and demonstration learning method to become drill leraning method. The aim of this research is to discover the difference between student's learning outcomes of class that has been used lecture learning method and demonstration learning method and class that has been used drill learning method. The research method that has been used was quasi experiment method with non-equivalent control group design. The technique sampling that has been used is cluster sampling, sample that has been used in this research was students of class X TM in SMK Negeri 2 Bandung. Which where X TM 8 as controlled class and X TM 11 as ekperiment class. The research output showed there was not an contracdition increment of learning output between in the class that has used drill learning method (experiment class) with the class that has used lecture learning method and demostration learning method(control class) with the average point of N-gain in experiment class is 0,53 which categorized in the medium category, where contolled class showed average point of N-gain 0,48 which categorized medium category. Keywords: drill, lecture and demonstration, students learning output, line application, drawing technique 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29643/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29643/