UPAYA MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KERJASAMA MELALUI PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK DAN GATRIK : Pada siswa kelas V SD Negeri Gegerkalong Girang 1-2

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai-nilai kerjasama dalam aktivitas pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran tradisional bakiak dan gatrik dapat membangun nilai kerjasama (pada siswa kelas V SDN Gegerkalong Girang 1-2) yang berjumla...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Febriani, Nova Suci (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29667/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04094 am a22003133u 4500
001 repoupi_29667
042 |a dc 
100 1 0 |a Febriani, Nova Suci  |e author 
245 0 0 |a UPAYA MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KERJASAMA MELALUI PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK DAN GATRIK : Pada siswa kelas V SD Negeri Gegerkalong Girang 1-2 
260 |c 2017-06-20. 
500 |a http://repository.upi.edu/29667/1/S_SDP_1302173_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29667/2/S_SDP_1302173_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29667/3/S_SDP_1302173_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29667/4/S_SDP_1302173_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29667/5/S_SDP_1302173_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29667/6/S_SDP_1302173_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29667/7/S_SDP_1302173_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29667/8/S_SDP_1302173_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29667/9/S_SDP_1302173_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29667/10/S_SDP_1302173_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai-nilai kerjasama dalam aktivitas pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran tradisional bakiak dan gatrik dapat membangun nilai kerjasama (pada siswa kelas V SDN Gegerkalong Girang 1-2) yang berjumlah 31 siswa, yaitu 12 laki-laki dan 19 perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua tindakan, data penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar pengamatan (observasi). Hasil observasi awal menunjukkan bahwa nilai kerjasama siswa masih terlihat rendah dalam pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan nilai-nilai kerjasama sebesar 39,35 % yang seharusnya 75 % dari seluruh aspek. Selanjutnya hasil siklus I tindakan I dengan nilai sebesar 49,64 %. Kemudian setelah diadakan hasil siklus I tindakan 2 dengan memberikan treatment yaitu dengan menambahkan peraturan baru dan memberikan reward, sehingga siswa sangat antusias terhadap permainan tradisional maka dari itu perolehan nilai-nilai kerjasama meningkat menjadi 57,42 % . Selanjutnya hasil siklus 2 tindakan I didapatkan nilai kerjasama menjadi 69,42 %. Pada akhirnya hasil siklus 2 tindakan 2 kembali meningkat dengan nilai persentase 80,05 % . Setelah melalui dua siklus rata-rata nilai-nilai kerjasama dalam permainan tradisional mengalami peningkatan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan nilai-nilai kerjasama melalui penerapan permainan tradisional.,---This study is motivated to find out whether the students can build cooperation value by applying traditional games. The object of this study is to build cooperation value in traditional games learning to find out how far the implementation of playing games in building cooperation value is (in students 5th grade of Gegerkalong Girang 1-2 Elementary School) totalling 31 studets,the 12 male and 19 famale. The method used is Classroom Action Research (CAR) using two cycles. The result of preliminary observation shows that the value of student cooperation looks low in learning. It is shown by the values of cooperation average percentage 39.35% which should be 75% of all aspects. Furthermore, the result of cycle I action I is 49.64%. Then the result of cycle I action 2 is 57.42%. The result of cycle 2 action I is 69,42%. Next, the result of cycle 2 action 2 is 80.05%. After going through two cycles, the average values of cooperation in the traditional games has increased significantly. The conclusion of this study is that the value of students cooperation by applying traditional games has increased. 
546 |a en 
690 |a HT Communities. Classes. Races 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29667/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29667/