TEPAKAN KENDANG PENCA SINAR PUSAKA PUTRA KABUPATEN GARUT

Seni Ibing Pencak Silat adalah salah satu kesenian khas Jawa Barat, dimana kesenian ini mengandung dua unsur seni yang tidak dapat dipisahkan yaitu seni Tari (ibing/gerak), dan seni Musik atau sering disebut ensembel Kendang Penca, peranan musik dalam hal ini adalah sebagai musik pengiring seni ibin...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Munawar, Kholid (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-05-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29668/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Seni Ibing Pencak Silat adalah salah satu kesenian khas Jawa Barat, dimana kesenian ini mengandung dua unsur seni yang tidak dapat dipisahkan yaitu seni Tari (ibing/gerak), dan seni Musik atau sering disebut ensembel Kendang Penca, peranan musik dalam hal ini adalah sebagai musik pengiring seni ibing pencak silat, dimana kendang penca ini memiliki berbagai pola tepakan untuk mengiringi setiap ibingan yang disajikan. Di paguron Sinar Pusaka Putra tepakan kendang penca ini sangat menarik, dimana setiap pola tepakan yang disajikan bisa menjadi tolak ukur kemampuan seorang pengibing/penari, selain itu tepakan yang ada di paguron tersebut mempunyai banyak pengembangan sehingga peneliti berniat untuk meneliti tepakan kendang penca yang digunakan oleh paguron Sinar Pusaka Putra Kabupaten Garut. Penelitian ini difokuskan untuk mengungkapkan bagaimana tepakan kendang penca dan pengembangan tepakan kendang penca di paguron Sinar Pusaka Putra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa ensembel kendang penca mempunyai peranan penting dalam mengiringi suatu ibingan, banyaknya ragam tepakan yang sekarang berkembang akan semakin terlupakan juga bagaimana pola tepakan yang menjadi dasar dari pengembangan tersebut, di paguron Sinar Pusaka Putra ini ada upaya melestarikan berbagai macam pola tepakan, dimana setiap pola tepakan yang ada dijadikan tolak ukur untuk seorang pengibing/penari. the are dance and music or it is usally called ensemble kendang penca. in this case, the functions of music purpose to arrange ibing martial art, where kendang penca has many slap patterns to arrange every single movemoent. there is unique slap in institute of Sinar Pusaka Putra, where every slap patter can be a benchmark of dancer ability level, and the slap has many improvements so that the expert intens to research slap of kendang penca wich is used by institut Sinar Pusaka Putra. the research is focused to reveal improvement of kendang penca slap in Sinar Pusaka Putra. the research used gualitive approachment wit descriptive method analysis. the result describes that ensemble kendang penca is an important part of arranging the dance. the more slap varieties, the more slap patterns forgotten, which it becomes a basic of the development, institute of Sinar Pusaka Putra attempts to conserve many kids of slap pattern, where every slap pattern is made to be a bencmark of dance.
Item Description:http://repository.upi.edu/29668/1/S_SMS_1100713_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29668/2/S_SMS_1100713_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29668/3/S_SMS_1100713_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29668/4/S_SMS_1100713_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29668/5/S_SMS_1100713_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29668/6/S_SMS_1100713_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29668/7/S_SMS_1100713_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29668/8/S_SMS_1100713_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29668/9/S_SMS_1100713_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29668/10/S_SMS_1100713_Appendix.pdf