PENERAPAN MODEL JIGSAW DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA : (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 6 Bandung)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan sosial siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 6 Bandung dalam pembelajaran seni tari melalui penerapan model Jigsaw dengan pendekatan kontekstual. Dilatar belakangi lemahnya kecerdasan sosial siswa kelas VIII A sebagai sampel peneliti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kristi, Febri Veronika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2975/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan sosial siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 6 Bandung dalam pembelajaran seni tari melalui penerapan model Jigsaw dengan pendekatan kontekstual. Dilatar belakangi lemahnya kecerdasan sosial siswa kelas VIII A sebagai sampel penelitian dengan jumlah 27 orang, khususnya pada aspek sikap prososial, komunikasi sosial, dan pemahaman etika sosial dalam pembelajaran seni tari dikarenakan model pembelajaran yang digunakan oleh guru Seni Budaya untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa belum optimal. Penelitian dirumuskan untuk memperoleh data tingkat kecerdasan sosial siswa dalam pembelajaran seni tari sebelum diterapkan model Jigsaw dengan pendekatan kontekstual, selama proses penerapan model Jigsaw dengan pendekatan kontekstual, dan hasil penerapan model Jigsaw dengan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen tipe pre-experimental design (One Group Pretest Posttest) dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya kecerdasan sosial siswa pada aspek sikap prososial, komunikasi sosial, dan pemahaman etika sosial dalam pembelajaran seni tari.Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari perhitungan uji-T, di mana penelitian akan dikatakan berhasil jika t_test>t_table. Berdasarkan análisis tersebut, peneliti memperoleh data peningkatan kecerdasan sosial pada keseluruhan siswa sehingga menghasilkan nilai t_test sebesar 20 dengan t_table sebesar 2,056 atau t_test>t_table. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model Jigsaw dengan pendekatan kontekstual merupakan suatu pengembangan model pembelajaran yang secara signifikan dapat meningkatkan kecerdasan sosial siswa dalam pembelajaran seni tari. Kata kunci :Model Jigsaw,Pendekatan Kontekstual, PembelajaranSeniTari, KecerdasanSosial.   ABSRACT This research aims to describe 8th A student's social intelligence in the learning of dance by applying Jigsaw learning model with contextual approach. The reason for this research is the weakness of social intelligence of 8th A students as a samples of this research as amount as 27 pupil, especially on the aspects of prosocial attitude, social communication, and understanding of social ethics in the learning of dance because the learning model used by teachers of Art Culture to improve student's social intelligence is not optimal. The research was formulated to obtain the data of the student's social intelligence level in dance learning before applied Jigsaw model with contextual approach, during the process of applying Jigsaw model with contextual approach, and the result of applying Jigsaw model with contextual approach. The research method used is experimental type pre-experimental design (One Group Pretest Posttest) with quantitative approach. The result of this research is the increasing of student's social intelligence on the aspect of prosocial attitude, social communication, and understanding of social ethics in the learning of dance. The success of this reseacrh can be seen from the calculation of T-test, where research will be said successful if t_test>t_table. Based on the analysis, the researcher got a data improvement of social intelligence for total student so value of 20 with 2.056, or t_test>t_table. The conclusion of this research that Jigsaw model with contextual approach is a development of learning model that significantly could improve student's social intelligence in dance learning. Keywords :Jigsaw Model, Contectual Approach, Dance Learning, Social Intelligence
Item Description:http://repository.upi.edu/29705/1/S_STR_1305068_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29705/2/S_STR_1305068_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29705/3/S_STR_1305068_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29705/4/S_STR_1305068_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29705/5/S_STR_1305068_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29705/6/S_STR_1305068_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29705/7/S_STR_1305068_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29705/8/S_STR_1305068_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29705/9/S_STR_1305068_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29705/10/S_STR_1305068_Appendix.pdf