TARAWANGSA SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN SENI TRADISI PADA KELOMPOK ANAK USIA SD DI SANGGAR SUNDA LUGINA DESA RANCAKALONG KABUPATEN SUMEDANG

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah tentang kurangnya rasa cinta generasi muda terhadap seni tradisi, khususnya kesenian Tarawangsa di Desa Rancakalong Kabupaten Sumedang sehingga berimbas pada pelestarian seni tradisi daerah setempat. Hal ini terlihat dari hasil temuan penulis yang menunju...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rostika, Eva (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29714/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04062 am a22003133u 4500
001 repoupi_29714
042 |a dc 
100 1 0 |a Rostika, Eva  |e author 
245 0 0 |a TARAWANGSA SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN SENI TRADISI PADA KELOMPOK ANAK USIA SD DI SANGGAR SUNDA LUGINA DESA RANCAKALONG KABUPATEN SUMEDANG 
260 |c 2017-06-16. 
500 |a http://repository.upi.edu/29714/1/S_STR_1300387_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29714/2/S_STR_1300387_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29714/3/S_STR_1300387_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29714/4/S_STR_1300387_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29714/5/S_STR_1300387_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29714/6/S_STR_1300387_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29714/7/S_STR_1300387_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29714/8/S_STR_1300387_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29714/9/S_STR_1300387_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29714/10/S_STR_1300387_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah tentang kurangnya rasa cinta generasi muda terhadap seni tradisi, khususnya kesenian Tarawangsa di Desa Rancakalong Kabupaten Sumedang sehingga berimbas pada pelestarian seni tradisi daerah setempat. Hal ini terlihat dari hasil temuan penulis yang menunjukan bahwa masih banyak generasi muda di Desa Rancakalong yang belum mengenal kesenian Tarawangsa, tidak pernah ikut serta dalam kegiatan kesenian Tarawangsa bahkan tidak mengetahui bagaimana tata cara pelaksanaan kesenian Tarawangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada perubahan psikomotor anak di sanggar Sunda Lugina sebelum dan sesudah menggunakan metode pelatihan ceramah plus demonstrasi dan latihan (CPDL). Penelitian dilakukan di sanggar Sunda Lugina Desa Rancakalong Kabupaten Sumedang. Berdasarkan pengolahan data, hasil dari penelitian ini adalah: 1) terjadi peningkatan yang signifikan pada kemampuan psikomotor anak. Nilai rata-rata sebelum menggunakan metode pelatihan (CPDL) dalam penelitian ini adalah 60 sedangkan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pelatihan (CPDL) mmiliki nilai rata-rata 90. Hal tersebut menunjukan bahwa pelatihan Tarawangsa yang telah dilakukan mampu memberikan perubahan yang signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa metode pelatihan (CPDL) efektif digunakan dalam pembelajaran luar sekolah.,---This research is motivated by the problem about the lack of young generation's love towards traditional art, especially Tarawangsa art in Rancakalong Village, Sumedang Regency, so that it impacts on the preservation of traditional art of local area. This is evident from the findings of the authors who showed that there are still many young people in Rancakalong village who are not familiar with Tarawangsa art, never participate in art activities Tarawangsa not even now how the art of Tarawangsa art. The puerpose of this study is to prove whether ther is a significant differencew in the psychomotor changes of children in Sundanese studio before and after using lecture plus demonstration and training methods (CPDL). The research was conducted in studio of Sunda Lugina Rancakalong village, Sumedang Regency. Based on data processing, the results of this study area: 1) there is a significant increase in psychomotor ability of children. The mean score before using the training method (CPDL) in this study was 60 whereas after being treated using the training method (CPDL) it has an average value of 90. It shows that has been done can provide significant change. It proves that the training method (CPDL) is effectively used in out-of-school learning. 
546 |a en 
690 |a HT Communities. Classes. Races 
690 |a NX Arts in general 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29714/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29714/