PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEUANGAN DI SMK PASUNDAN 1 KOTA BANDUNG

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran administrasi keuangan di kelas XI SMK Pasundan 1 Kota Bandung. Hal tersebut ditandai dengan nilai akhir siswa yang belum optimal. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu keterampi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sari, Wanda Lupita (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29758/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran administrasi keuangan di kelas XI SMK Pasundan 1 Kota Bandung. Hal tersebut ditandai dengan nilai akhir siswa yang belum optimal. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu keterampilan mengajar guru (X1), komunikasi interpersonal guru (X2) dan motivasi belajar siswa (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tingkat keterampilan mengajar guru, komunikasi interpersonal guru dan motivasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruh keterampilan mengajar guru, komunikasi interpersonal guru dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran administrasi keuangan di kelas XI SMK Pasundan 1 Kota Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei eksplanasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert yang dianalisis menggunakan regresi ganda. Penelitian menggunakan teori konstruktivisme dari Jean Piaget. Jumlah anggota populasi berjumlah 56 responden. Responden pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Pasundan 1 Kota Bandung. Hasil penelitian didapatkan bahwa keterampilan mengajar guru berada pada kategori terampil, komunikasi interpersonal guru berada pada kategori tinggi atau komunikatif dan motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa tingkat keterampilan mengajar guru dan komunikasi interpersonal guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, baik secara parsial maupun simultan mempunyai pengaruh yang kuat.
Item Description:http://repository.upi.edu/29758/1/S_PKR_1305740_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29758/2/S_PKR_1305740_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/29758/3/S_PKR_1305740_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29758/4/S_PKR_1305740_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/29758/5/S_PKR_1305740_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/29758/6/S_PKR_1305740_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/29758/7/S_PKR_1305740_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/29758/8/S_PKR_1305740_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/29758/9/S_PKR_1305740_Bilbiography.pdf
http://repository.upi.edu/29758/10/S_PKR_1305740_Appendix.pdf