PERUBAHAN GAYA HIDUP SANTRI SEBAGAI DAMPAK MODERNISASI PESANTREN : Studi Deskriptif di PONPES Najaahaan Desa Bayongbong Kabupaten Garut

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya modernisasi yang dilakukan oleh Pesantren Najaahaan yang semula berkonsep pesantren tradisional, saat ini sedang mengalami perubahan secara bertahap menjadi pesantren modern. Selain pada aspek fisik perubahan juga terjadi pada aspek non-fisik, salah sa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Maesaroh, Nenden (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29787/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya modernisasi yang dilakukan oleh Pesantren Najaahaan yang semula berkonsep pesantren tradisional, saat ini sedang mengalami perubahan secara bertahap menjadi pesantren modern. Selain pada aspek fisik perubahan juga terjadi pada aspek non-fisik, salah satunya gaya hidup santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tugas dan fungsi pesantren di era modern, perubahan gaya hidup santri sebelum dan setelah pesantren mengalami modernisasi serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, studi literatur dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pihak pengelola pesantren, santri, dan masyarakat di sekitar pesantren. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tugas pesantren di era modern adalah mempertahankan eksistensi dan fungsinya sebagai lembaga pendidikan ilmu agama serta penjaga nilai-nilai dan norma keagamaan masyarakat, sedangkan fungsi pesantren secara umum adalah menciptakan dan mengembangkan kepribadian muslim yang dapat berperan aktif di dalam lingkungan masyarakat modern saat ini melalui fungsi pendidikan, religi, sosial serta penambahan fungsi ekonomi pada pesantren. Perubahan gaya hidup santri yang terjadi sebelum dan sesudah pesantren mengalami modernisasi hampir terjadi pada seluruh aspek gaya hidup, mulai dari aspek perilaku atau aktivitas santri (cara berpakaian, cara berbicara, cara bergaul dan barang-barang yang dipakai), minat (orientasi pendidikan, penggunaan waktu luang, pengelolaan keuangan, pemilihan kelompok bergaul dan pilihan makanan), dan opini (reaksi lisan dan tulisan santri terhadap event, isu atau fenomena yang terjadi di dalam masyarakat). Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan gaya hidup santri diantaranya modernisasi, kelompok sosial, konflik dan mobilitas sosial.,---This research is motivated by the modernization conducted by islamic boarding school Najaahaan which originally conceptualized traditional islamic boarding school, is currently undergoing a gradual change into modern islamic boarding school. This research is intended to see the duties and functions of islamic boarding school in the modern era, the lifestyle changes of students before and after islamic boarding school experiencing modernization and the factors that influence the lifestyle changes of students. This research is done by using qualitative approach and descriptive study method. The data were collected using observation techniques, interviews, literature studies and documentation studies. The research informants consisted of the management of islamic boarding school, students, and the community around the islamic boarding school. The results of this study indicate that the duties of islamic boarding school in the modern era is to maintain the existence and function as an institution of religious education and maintain the values and norms of society, while the function of the islamic boarding school in general is to create and develop a Muslim personality that can play an active role in the environment of modern society. Currently. Students lifestyle changes that occurred before and during the islamic boarding school experienced modernization that occurred in all aspects of lifestyle, ranging from behavioral aspects or activities of students (how to dress, how to speak, how to get along and goods used), interest (education orientation, use of time Leisure, financial management, sociable group selection and choice of food), and opinions (verbal and students reaction to events, issues or phenomena occurring within society). Factors influencing the lifestyles of modernist government students, social groups, conflict and social mobility.
Item Description:http://repository.upi.edu/29787/1/S_SOS_1307555_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29787/2/S_SOS_1307555_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/29787/3/S_SOS_1307555_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29787/4/S_SOS_1307555_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/29787/5/S_SOS_1307555_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/29787/6/S_SOS_1307555_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/29787/7/S_SOS_1307555_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/29787/8/S_SOS_1307555_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/29787/9/S_SOS_1307555_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29787/10/S_SOS_1307555_Appendix.pdf