PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pola pembelajaran matematika siswa yang masih terpaku pada soal-soal rutin sehingga siswa tidak terbiasa untuk menalar matematika secara deduktif sesuai dengan karakteristik matematika itu sendiri yaitu berpola pikir deduktif. Adapun aktivitas pembelajaran yang p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kartika, Rika Hafidah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29789/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03841 am a22003253u 4500
001 repoupi_29789
042 |a dc 
100 1 0 |a Kartika, Rika Hafidah  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Bandung 
260 |c 2017-01-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/29789/1/S_MAT_1205707_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29789/2/S_MAT_1205707_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29789/3/S_MAT_1205707_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29789/4/S_MAT_1205707_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29789/5/S_MAT_1205707_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29789/6/S_MAT_1205707_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29789/7/S_MAT_1205707_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29789/8/S_MAT_1205707_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29789/9/S_MAT_1205707_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29789/10/S_MAT_1205707_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29789/11/S_MAT_1205707_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pola pembelajaran matematika siswa yang masih terpaku pada soal-soal rutin sehingga siswa tidak terbiasa untuk menalar matematika secara deduktif sesuai dengan karakteristik matematika itu sendiri yaitu berpola pikir deduktif. Adapun aktivitas pembelajaran yang paling brkaitan dengan pola pikir deduktif adalah pembuktian, sehingga model pembelajaran pembuktian diterapkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran deduktif siswa. Pelaksanaa penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Bandung. Materi yang dibahas adalah materi Hubungan Antargaris. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Peningkatan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran pembuktian lebih baik dibandingkan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Secara umum, nilai rata-rata gain ternormalisasi siswa yang yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran pembuktian berada pada klasifikasi sedang. (2) Siswa memiliki respon yang positif terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran pembuktian dan terlibat aktif selama pembelajaran. Kata kunci : Model Pembelajaran Pembuktian, Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis, Pembelajaran Konvensional That research was motivated by the student's learning system wich is still focused to general practice so that student not accustomed to reasoning math in deductive way appropriate to characteristics of math itself wich have deductive minded. As for learning activities are most concerned with deductive minded is proving theorm, so that a learning model for proving theorms is implemented to improve student's deductive reasoning math skill. This research conducted on grade-XI students in one of the senior high school in Bandung. The topic is about lines. The results of this research are (1) The increase of student's deductive reasoning math skills who got a learning model for proving theorms were better than student's deductive reasoning math skill who got a expository learning model. (2) Students show positive response for learning process with learning model and active in learning process. Keywords: A learning model for proving theorms, deductive reasoning math skill, Conventional Learning. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29789/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29789/