HUBUNGAN KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) DAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN DALAM CABANG OLAHRAGA BULU TANGKIS:Studi Deskriptif pada Atlet UKM Bulutangkis UPI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) atlet UKM bulutangkis upi serta hubungan kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap keterampilan bermain dalam cabang olahraga bulutangkis. Metode penelitian yang digu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fazari, Muhamad (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29827/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) atlet UKM bulutangkis upi serta hubungan kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap keterampilan bermain dalam cabang olahraga bulutangkis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian yang digunakan yaitu 8 orang atlet bulutangkis dari Unit Kegiatan Mahasiswa bulutangkis di Universitas Pendidikan Indonesia yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kecerdasan (Intelegensi) yaitu APM (Advanced Progressive Matrics). Tes kecerdasan emosional menggunakan instrumen angket dan instrumen untuk keterampilan bermain menggunakan Games Performance Assesment Instrumen (GPAI). Uji hipotesis statistik dilakukan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics version 21. Hasil penelitian menunjukan gambaran hasil tes kecerdasan intelektual (IQ) atlet UKM bulutangkis UPI mayoritas di atas rata-rata, sedangkan gambaran hasil tes kecerdasan emosional (EQ) mayoritas sedang. Adapun hasil analisis statistik pearson korelasi pada kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap keterampilan bermain. Hasil analisis menunjukan nilai sig. pada kecerdasan intelektual (IQ) yaitu -0.082, p > 0,05, pada kecerdasan emosional (EQ) yaitu 0,128 p > 0,05. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kontribusi kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap keterampilan bermain dalam cabang olahraga bulutangkis. Kata kunci: Kecerdasan intelektual (IQ), Kecerdasan emosional (EQ), Keterampilan bermain, Olahraga bulutangkis. This study aims to reveal the intelligence quotient (IQ) and emotional intelligence (EQ) upi badminton athletes UKM and relationship intelligence (IQ) and emotional intelligence (EQ) on the playing skills in the sport of badminton. The method used was descriptive correlational. The sample used is eight badminton athletes of Student Activity Unit at the University of Indonesia badminton taken using purposive sampling technique, The instrument used was Test Intelligence (Intelligence) that APM (Advanced Progressive Metrics), Emotional intelligence tests using questionnaires and instruments for playing skills using the Games Performance Assessment Instrument (GPAI). Statistical hypothesis test was performed using IBM SPSS Statistics software version 21. The results showed the test results portrayed intellectual intelligence (IQ) UPI badminton athletes majority of UKM on average, while the picture of emotional intelligence test results (EQ) majority being. The results of the statistical analysis of Pearson correlation on intelligence quotient (IQ) and emotional intelligence (EQ) on the playing skills. Results of the analysis showed sig. the intelligence quotient (IQ) is -0082, p > 0.05, on emotional intelligence (EQ) is 0.128 p > 0.05, No significant correlation between contributions intelligence quotient (IQ) and emotional intelligence (EQ) skills to play in the sport of badminton. Keywords: intellectual intelligence (IQ), emotional intelligence (EQ), Skills play, sport of badminton.
Item Description:http://repository.upi.edu/29827/1/S_IKOR_1204288_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29827/2/S_IKOR_1204288_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29827/4/S_IKOR_1204288_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29827/5/S_IKOR_1204288_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29827/6/S_IKOR_1204288_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29827/7/S_IKOR_1204288_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29827/8/S_IKOR_1204288_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29827/9/S_IKOR_1204288_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29827/10/S_IKOR_1204288_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29827/11/S_IKOR_1204288_Appendix.pdf