PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan pemahaman konsep matematis rendah. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran matematika, guru menjadi fokus pemberi materi kepada siswa, siswa masih senang dengan kesibukan sendiri, siswa kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskri...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Jumaisa, _ (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29847/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03875 am a22003253u 4500
001 repoupi_29847
042 |a dc 
100 1 0 |a Jumaisa, _  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR 
260 |c 2017-06-13. 
500 |a http://repository.upi.edu/29847/1/S_PGSD_1307792_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29847/2/S_PGSD_1307792_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29847/3/S_PGSD_1307792_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29847/4/S_PGSD_1307792_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29847/5/S_PGSD_1307792_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29847/6/S_PGSD_1307792_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29847/7/S_PGSD_1307792_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29847/8/S_PGSD_1307792_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29847/9/S_PGSD_1307792_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29847/10/S_PGSD_1307792_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan pemahaman konsep matematis rendah. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran matematika, guru menjadi fokus pemberi materi kepada siswa, siswa masih senang dengan kesibukan sendiri, siswa kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan RME, untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini mengunakan Model PTK menurut Kemmis dan Mc. Taggart dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas II SD disalah satu Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan tes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil sebagai berikut: pelaksanaan pendekatan RME pada siklus I masih dapat kekurangan karena guru tidak menguasai kondisi kelas dengan baik, sedangkan pada siklus II pelaksanaan pendekatan RME sudah baik, dilihat dari kinerja guru sudah baik dan pelaksanaannya sudah sesuai dengan perencanaan. Untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siklus I, ketuntasan belajar diperoleh siswa sebesar 73% dan siklus II ketuntasan belajar diperoleh siswa sebesar 87%. Dari hasil diatas, penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika. ;---The background of this research is students' understanding in mathematic concept was low because of in math learning process, teacher became the centre, students happy with their things, and students didn't active. The aim of this research is to describe the math learning realization with implementing realistic mathematic education (RME) approach, to increase students' understanding in mathematic concept. This research used Action Research Class model according to Kemmis and Mc. Taggart with 2 cycles. Subject of research is students' grade 2nd class in one elementary school at Bandung. Collecting data got by observation and test. Result of result namely implementation of RME in first cycle was still found lack because teacher couldn't managed the condition of class well, whereas implementation of RME in second cycle was good, because performance of teacher was good and the realization appropriate with plan. Student's understanding in mathematic concept in first cycle with study completeness is 73% and in second cycle with study completeness is 87%. According to the result, implementation of RME approach to increase students' understanding in mathematic lesson. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29847/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29847/