PENINGKATAN ECOLITERACY SISWA DALAM BUDIDAYA TANAMAN MELALUI DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN CITIMUN I KEC. CIMALAKA KAB. SUMEDANG

Penelitian dilatarbelakangi karena ketidakpedulian siswa akan lingkungan sekitar khususnya pada aspek penghijauan disekitar lingkungan sekolah. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah model discovery learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pend...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kurnia, Ira Restu (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-07-18.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29852/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian dilatarbelakangi karena ketidakpedulian siswa akan lingkungan sekitar khususnya pada aspek penghijauan disekitar lingkungan sekolah. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah model discovery learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan ecoliteracy siswa dalam budidaya tanaman. Desain penelitian yang digunakan adalah model spiral menurut Kemmis dan Taggart dan dilakukan dalam tiga siklus dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami peningkatan di setiap siklus dalam aspek pengetahuan, kesadaran, dan aplikasi mengenai budidaya tanaman yang meliputi pengolahan tanah, mempersiapkan benih, pemberian pupuk, pemeliharaan tanaman serta penyiangan. Berdasarkan pemaparan tersebut maka hipotesis awal pada penelitian ini terbukti benar bahwa discovery learning dapat meningkatkan ecoliteracy siswa dalam budidaya tanaman. ;---The research is motivated by the students' ignorance of the surrounding environment, especially in the reforestation aspect around the school environment. The model's steps used is discovery learning model. The research method used is action research class (PTK) with qualitative descriptive approach. The purpose of this study is to increase the students' ecoliteracy in cultivation. The research design used is spiral model according Kemmis and Taggart and done in three cycles by applying learning discovery learning model. The results showed that students experienced an increase in every cycle in the aspects of knowledge, awareness, and application of crop cultivation, including soil preparation, seed preparation, fertilizer application, planting and weeding. Based on the exposure, the initial hypothesis in this study proved true that the learning can increase the students' ecoliterity in the cultivation of plants.
Item Description:http://repository.upi.edu/29852/1/T_PD_1502954_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29852/2/T_PD_1502954_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29852/3/T_PD_1502954_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29852/4/T_PD_1502954_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29852/5/T_PD_1502954_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29852/6/T_PD_1502954_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29852/7/T_PD_1502954_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29852/8/T_PD_1502954_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29852/9/T_PD_1502954_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29852/10/T_PD_1502954_Appendix.pdf