INOVASI PRODUK BUTTER COOKIES DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KATUK BERDASARKAN DAYA TERIMA KONSUMEN

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keanekaragaman inovasi produk kuliner dengan memanfaatkan daun katuk sebagai bahan tambahan dalam pembuatan butter cookies. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental, dengan tahapan sebagai berikut: pembuatan tepung daun katuk, formul...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nuralamsyah, Faisal Yusni (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-05-10.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29853/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keanekaragaman inovasi produk kuliner dengan memanfaatkan daun katuk sebagai bahan tambahan dalam pembuatan butter cookies. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental, dengan tahapan sebagai berikut: pembuatan tepung daun katuk, formulasi resep terbaik dari butter cookies daun katuk, pengujian produk kepada 15 orang panelis ahli, dan uji daya terima konsumen yang diberikan kepada 100 responden. Metode analisis pada penelitian ini adalah uji hedonik dan uji daya terima konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan dalam uji hedonik, produk butter cookies dengan penambahan 10% tepung daun katuk disukai oleh panelis ahli dengan jumlah skor 242 poin. Pada uji daya terima konsumen yang diberikan kepada 100 responden yang menguji empat atribut yaitu warna, rasa, aroma dan tekstur. Produk butter cookies dengan penambahan 10% tepung daun katuk dapat diterima dengan jumlah skor 1596 poin. Responden mengusulkan untuk harga produk butter cookies tepung daun katuk adalah Rp.25.000 per toples. ;---This research aims to improve the diversity of culinary products innovation by utilizing sweet leaf as addition ingredient in making butter cookies. The method use in this research is experimental with the following stages: sweet leaf flour manufacture, best recipe formulation of sweet leaf butter cookies, product testing to 15 expert panelist and concumers acceptance given to 100 respondents.The method of analysis in this research are hedonic test and consumer acceptance test. The research result indicate in hedonic test, the butter cookies product with addition 10% sweet leaf flour is favored by expert panelists with a total score of 242 points. On the consumer acceptance test given to 100 respondents which tested the four attribute: color, flavor, aroma and texture. The butter cookies product with addition 10% sweet leaf flour stated accepted with a total score 1596 points. Respondents suggested prices the butter cookies sweet leaf flour product is Rp.25.000 per jar.
Item Description:http://repository.upi.edu/29853/1/S_MIK_1306756_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29853/2/S_MIK_1306756_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29853/3/S_MIK_1306756_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29853/4/S_MIK_1306756_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29853/5/S_MIK_1306756_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29853/6/S_MIK_1306756_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29853/7/S_MIK_1306756_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29853/8/S_MIK_1306756_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29853/9/S_MIK_1306756_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29853/10/S_MIK_1306756_Appendix.pdf