PEMBELAJARAN TORTOR MELALUI PENDEKATAN TARI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS XI DI SMK SANGKURIANG 1 CIMAHI

Tari pendidikan merupakan pendekatan tari yang mengutamakan unsur kreativitas yang memiliki aspek psikomotorik di dalamnya, tetapi melihat proses pembelajaran yang dilakukan di kelas XI AK 2 kurangnya minat siswa untuk belajar seni tari dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan bersifat konvens...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Junaida, _ (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29941/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04282 am a22003133u 4500
001 repoupi_29941
042 |a dc 
100 1 0 |a Junaida, _  |e author 
245 0 0 |a PEMBELAJARAN TORTOR MELALUI PENDEKATAN TARI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS XI DI SMK SANGKURIANG 1 CIMAHI 
260 |c 2017-06-15. 
500 |a http://repository.upi.edu/29941/1/S_STR_1305524_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29941/2/S_STR_1305524_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29941/3/S_STR_1305524_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29941/5/S_STR_1305524_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29941/6/S_STR_1305524_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29941/7/S_STR_1305524_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29941/8/S_STR_1305524_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29941/9/S_STR_1305524_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29941/10/S_STR_1305524_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29941/11/S_STR_1305524_Appendix.pdf 
520 |a Tari pendidikan merupakan pendekatan tari yang mengutamakan unsur kreativitas yang memiliki aspek psikomotorik di dalamnya, tetapi melihat proses pembelajaran yang dilakukan di kelas XI AK 2 kurangnya minat siswa untuk belajar seni tari dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan bersifat konvensional sehingga kreativitas pada diri siswa tidak terealisasikan untuk selalu bergerak. Dalam penelitian ini menggunakan dua rumusan masalah yaitu bagaimana proses pembelajaran tortor melalui pendekatan tari pendidikan untuk meningkatkan psikomotorik siswa dan bagaimana hasil pembelajaran tortor melalui pendekatan tari pendidikan untuk meningkatkan psikomotorik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat berhasil atau tidaknya penerapan tari pendidikan di kelas XI AK 2 untuk meningkatkan psikomotorik siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design dengan pola one-shoot case study, peneliti menggunakan satu kelas XI AK 2 sebagai sampel dalam penelitiannya dengan menggunakan pendekatan tari pendidikan. Pendekatan tari pendidikan ini dapat dikatakan berhasil dalam penerapannya di kelas karena dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai siswa saat diberikan treatment dan post-test. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan dengan menggunakan rumus uji-t, thitung > ttabel yaitu dengan nilai thitung = 30 dan ttabel = 1,693. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tortor melalui pendekatan tari pendidikan dapat meningkatkan psikomotorik siswa kelas XI di SMK Sangkuriang 1 Cimahi.;---Dance education is an approach that prioritizes dance elements of creativity that has aspects of psychomotor in it, but the process of learning is done in class XI AK 2 lack of interest of students to learn the art of dance because the learning process which is done purely conventional so creativity in students not realized. In this study uses two formula problem that is how the process of learning through dance education approach tortor to improve psychomotor of students and how the learning out comes approach to dance education through tortor to improve psychomotor of students. This research aims to look successful or whether application of dance education in class XI AK 2 to improve psychomotor of students. In this study using a pre-eksperimental design with a pattern of one shoot case study, researchers using a class XI AK 2 as a sample in this research by using the approach of dance education. Approach to dance education can be successful in ther application in the classroom because it can be seen from an increase in the value of students provided treatment and post-test. The results of this research can be proven using the formula t-test, tcount > ttable with the value tcount = 30 and ttable = 1,693. Then it can be inferred that the learning through dance education approach tortor can increase psychomotor class XI AK 2 in SMK Sangkuriang 1 Cimahi. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29941/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29941/