PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SIDE SCROLLING PLATFORMER GAME DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI DATA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi standar komunikasi yang terdapat pada mata pelajaran komunikasi data. Faktor penyebab masalah tersebut adalah kurangnya sumber belajar yang dapat diakses oleh siswa serta materi ajar yang masih terasa sangat abstrak oleh sisw...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Salfiyari, Fahmi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29943/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi standar komunikasi yang terdapat pada mata pelajaran komunikasi data. Faktor penyebab masalah tersebut adalah kurangnya sumber belajar yang dapat diakses oleh siswa serta materi ajar yang masih terasa sangat abstrak oleh siswa. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu dalam penelitian ini dikembangkanlah multimedia berbasis side scrolling platformer game yang dikombinasikan dengan model learning cycle 5e. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara mengembangkan multimedia tersebut, serta mengetahui peningkatan pemahaman dan tanggapan siswa setelah menggunakan multimedia yang peneliti kembangkan. Dalam pelaksanaannya, terdapat lima fase penelitian yang dilakukan, fase tersebut adalah: fase analisis, desain, pengembangan, implementasi dan penilaian. Setidaknya, dibutuhkan perangkat keras dan 10 perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mengembangkan multimedia. Multimedia yang telah dikembangkan kemudian diimplementasikan kepada 34 partisipan yang merupakan siswa SMK kelas XI. Pada fase implementasi, didapat rata-rata nilai pretest yang siswa lakukan sebelum menggunakan multimedia adalah 49.56. Sedangkan rata-rata nilai posttest siswa setelah menggunakan multimedia adalah 70.74. Dari kedua nilai pretest dan posttest tersebut, dapat diperoleh nilai indeks gain sebesar 0.42 yang masuk kedalam kategori indeks gain "Sedang". Hal tersebut memperlihatkan adanya peningkatan pemahaman setelah siswa menggunakan multimedia. Adapun berdasarkan angket respon yang siswa isi setelah penggunaan multimedia, siswa beranggapan bahwa multimedia yang dikembangkan dalam penelitian ini termasuk kedalam multimedia yang "Baik" dengan perolehan rata-rata persentase nilai sebesar 73.32%. Kata kunci: Model Learning Cycle 5E, Komunikasi Data, Multimedia Interaktif, Game  Background problem of this research is students who found trouble to understand communication standard teaching material at data communication subject. Causative factor of main problem is the lack of learning resources which can be accessed by students and the learning material which still at abstract. One of the solution for mentioned problem is to using interactive multimedia at learning activities. Therefore, in this research combination of model learning cycle 5e and side scrolling platformer game in one interactive multimedia is developed to solve main problem of this research. This research aim to find out how and what is needed for developing a multimedia, along with to discover understanding escalation and response of student as user after using multimedia which researcher intend to develop. There are five phase of method which researcher do for this research: analysis, design, development, implementation and evaluation. With result of analysis phase, developing multimedia required at least 10 software and hardware which support those required software. Developed multimedia then implemented to 34 eleventh grader vocational students as research participant. At the implementation phase, researcher discovered average of students pretest (done before the usage of multimedia) score is 49.56. While the average of posttest (done after students using multimedia) is 70.74. Based on both result of pretest and posttest, gain index of both is 0.42 which is belong to "Medium" category. The index gain prove that there is escalation of understanding after students using multimedia. And then, based on student's response questionnaire, developed interactive multimedia rated as "Good" multimedia with average score of 73.32 %. Keyword: Learning Cycle 5E, Data Communication, Interactive Multimedia, Game
Item Description:http://repository.upi.edu/29943/1/S_KOM_1203118_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29943/2/S_KOM_1203118_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29943/3/S_KOM_1203118_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29943/4/S_KOM_1203118_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29943/5/S_KOM_1203118_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29943/6/S_KOM_1203118_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29943/7/S_KOM_1203118_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29943/8/S_KOM_1203118_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29943/9/S_KOM_1203118_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29943/10/S_KOM_1203118_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/29943/11/S_KOM_1203118_Appendix2.pdf