PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN TEKNOLOGI

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang berada di SD Negeri Kubang Lesung Kulon. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah guru masih menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media dal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: sari, yanti puspita (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29971/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03184 am a22002893u 4500
001 repoupi_29971
042 |a dc 
100 1 0 |a sari, yanti puspita  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN TEKNOLOGI 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/29971/1/S_KDSERANG_1300529_Tittle.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29971/2/S_KDSERANG_1300529_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29971/3/S_KDSERANG_1300529_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29971/4/S_KDSERANG_1300529_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29971/5/S_KDSERANG_1300529_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29971/6/S_KDSERANG_1300529_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29971/7/S_KDSERANG_1300529_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29971/8/S_KDSERANG_1300529_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29971/9/S_KDSERANG_1300529_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29971/10/S_KDSERANG_1300529_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang berada di SD Negeri Kubang Lesung Kulon. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah guru masih menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif dan membosankan, juga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada konsep Hubungan Sumber Daya Alam dengan Teknologi. Sehubungan dengan permasalahan diatas, melalui penelitian ini diharapakan untuk mengetahui Langkang-langkah penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep hubungan sumber daya alam dengan teknologi di kelas IV SD Negeri Kubang Lesung Kulon. Peningkatan hasil belajar siswa pada konsep sumber daya alam dengan teknologi dengan menerapkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) di kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model Kemmis & McTaggart. Yang terdiri dari empat tahapan yaitu : Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada konsep Hubungan Sumber Daya Alam dengan Teknologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Dari 14 siswa hasil dari pra siklus hanya mencapai 7,14%. Sedangkan yang diharapkan adalah 70% dari seluruh siswa mencapai KKM (nilai70). Pada siklus I hasil belajar siswa baru mencapai 64,28%. Dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 92,85%. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29971/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29971/