MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA PUISI MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE SCRIPT DI SEKOLAH DASAR

Bahasa adalah suatu alat komunikasi. Melalui bahasa, manusia dapat saling berkomunikasi. Oleh karena itu, belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi. Salah satu bahasa manusia adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi penting yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD) karena B...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: kurniasih, dedeh (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29981/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03568 am a22002893u 4500
001 repoupi_29981
042 |a dc 
100 1 0 |a kurniasih, dedeh  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA PUISI MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE SCRIPT DI SEKOLAH DASAR 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/29981/1/S_KDSERANG_1301261_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29981/2/S_KDSERANG_1301261_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29981/3/S_KDSERANG_1301261_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29981/4/S_KDSERANG_1301261_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29981/5/S_KDSERANG_1301261_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29981/6/S_KDSERANG_1301261_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29981/7/S_KDSERANG_1301261_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29981/8/S_KDSERANG_1301261_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29981/9/S_KDSERANG_1301261_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29981/10/S_KDSERANG_1301261_Appendix.pdf 
520 |a Bahasa adalah suatu alat komunikasi. Melalui bahasa, manusia dapat saling berkomunikasi. Oleh karena itu, belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi. Salah satu bahasa manusia adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi penting yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD) karena Bahasa Indonesia sangat penting dalam kehidupan sehari - hari. Salah satu satu materi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) kelas V adalah membaca puisi. Dalam penelitian ini, guru yang mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia masih melakukan pembelajaran secara monoton yaitu hanya menggunakan metode ceramah saja, hal itu menyebabkan siswa tidak merasa antusias dalam pelaksanaan membaca puisi, merasa jenuh dan kurang menarik, maka hasil kemampuan siswa dalam membaca puisi pun kurang baik dan tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM). Dari permasalahan tersebut penulis mendapatkan judul penelitian yang akan diteliti dengan tujuan dideskripsikannya proses pembelajaran dan hasil kemampuan siswa dalam membaca puisi melalui pendekatan Cooperative Script. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tinjauan teori dan praktik ini menyatakan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan guru harus melaksanakan langkah - langkah pembelajaran dengan baik dan hasil kemampuan siswa dalam membaca puisi dengan memperhatikan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang benar. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran secara keseluruhan mengalami peningkatan karena pada siklus I masih terdapat beberapa langkah pembelajaran yang belum terlaksana dan pada siklus II langkah pembelajaran telah terlaksana dengan baik tanpa ada yang terlewatkan. Sedangkan dari hasil kemampuan siswa dalam membaca puisi mengalami peningkatan karena pada pra siklus memperoleh nilai presentase 69,16%, siklus I memperoleh nilai presentase 76,70% dan pada siklus II memperoleh nilai presentase 83,3%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan pendekatan Cooperative Script dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa menjadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan hasil kemampuan siswa dalam membaca puisi sesuai dengan materi yang telah diajarkan. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29981/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29981/