PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN AIR DI SEKOLAH DASAR

Pembelajaran IPA di SD tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari siswa. Keterampilan siswa memecahkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh tingkat keterampilan berpikir kreatifnya. Fakta dilapangan, menunjukan keterampilan berpikir kreatif siswa masih belum optimal dari indikat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: sopiani, sridini (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29984/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04102 am a22002893u 4500
001 repoupi_29984
042 |a dc 
100 1 0 |a sopiani, sridini  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN AIR DI SEKOLAH DASAR 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/29984/1/S_KDSERANG_1301360_Tittle.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29984/2/S_KDSERANG_1301360_Abstrak.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29984/3/S_KDSERANG_1301360_Tabel_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29984/4/S_KDSERANG_1301360_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29984/5/S_KDSERANG_1301360_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29984/6/S_KDSERANG_1301360_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29984/7/S_KDSERANG_1301360_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29984/8/S_KDSERANG_1301360_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29984/9/S_KDSERANG_1301360_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29984/10/S_KDSERANG_1301360_Apendix.pdf 
520 |a Pembelajaran IPA di SD tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari siswa. Keterampilan siswa memecahkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh tingkat keterampilan berpikir kreatifnya. Fakta dilapangan, menunjukan keterampilan berpikir kreatif siswa masih belum optimal dari indikator keterampilan berikir kreatif dan proses pembelajaran masih bersifat pasif. Oleh sebab itu, pembelajaran yang didesain harus bisa mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Salah satunya menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar. Penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yang akan dibahas yakni; (1) apakah terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional? (2) apakah terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar? (3) bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen tipe quasi experimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah SD Negeri Lialang Kecamatan Taktakan Kota Serang, dengan sampel yang digunakan ialah dua kelas dari kelas V SD Negeri Lialang. Instrumen yang digunakan ialah tes keterampilan berpikir kreatif dan angket sikap siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pretes dan postes yang dilakukan pada dua dari kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol serta angket sikap siswa pada kelas eksperimen. Analisis data meggunakan Software statistic SPSS versi 21.0 dan Microsoft Office excel 2010. Dari hasil penelitian yang dianalisis, menunjukan adanya perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar sebesar 53,75 menjadi 76,94 dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional sebesar 50,97 menjadi 66,39 yang dibuktikan dari hasil uji perbedaan dua rata-rata (Uji-t). Keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan uji gain sebelumnya dengan rata-rata gain sebesar 0,52 . Hal ini juga ditunjang oleh sikap siswa yang menunjukan sikap positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan lingkungan alam sekitar terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa di sekolah dasar. Implikasi penggunaan pendekatan lingkungan alam sekitar dapat mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatifnya dalam pembelajaran dan kehidupannya sehari-hari. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29984/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29984/