PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI CERITA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO CERITA RAKYAT NUSANTARA

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa, karena keterampilan menulis berkaitan dengan keterampilan lain seperti membaca, menyimak dan berbicara. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang rendah keterampilan menulisnya. Rendahnya keterampilan menulis kem...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: wulandari, tinik (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29998/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02714 am a22002893u 4500
001 repoupi_29998
042 |a dc 
100 1 0 |a wulandari, tinik  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI CERITA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO CERITA RAKYAT NUSANTARA 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/29998/1/S_KDSERANG_1305529_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29998/2/S_KDSERANG_1305529_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29998/3/S_KDSERANG_1305529_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29998/4/S_KDSERANG_1305529_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29998/5/S_KDSERANG_1305529_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29998/6/S_KDSERANG_1305529_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29998/7/S_KDSERANG_1305529_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29998/8/S_KDSERANG_1305529_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29998/9/S_KDSERANG_1305529_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29998/10/S_KDSERANG_1305529_Appendix.pdf 
520 |a Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa, karena keterampilan menulis berkaitan dengan keterampilan lain seperti membaca, menyimak dan berbicara. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang rendah keterampilan menulisnya. Rendahnya keterampilan menulis kembali cerita siswa kelas V SD N Umbul Tengah 1 terlihat dari nilai rata-rata pra siklus yakni 58,8. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki keaktifan dan keterampilan siswa kelas V SD N Umbul Tengah 1 dalam menulis kembali cerita. Peneliti menerapkan pendekatan kualitatif dan metode PTK. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap siklusnya terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian berupa wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media video cerita rakyat nusantara ternyata mampu meningkatkan keterampilan menulis kembali cerita siswa hingga melampaui KKM yakni 68. Hal tersebut terlihat dari nilai pra siklus siswa 58,8 menjadi 68,4 saat siklus pertama, kemudian menjadi 76,58 saat siklus terakhir. Perolehan nilai penelitian ini dari pra siklus hingga siklus terakhir dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media video cerita rakyat nusantara maka keterampilan menulis kembali cerita siswa dapat meningkat serta media video efektif digunakan oleh guru dalam pembelajaran. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29998/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29998/