PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA DI KELAS V SDN GROGOL II

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pembelajaran yang umumnya masih banyak menggunakan metode ceramah dan kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Penyebabnya, karena keterbatasan media pembelajaran dan lemahnya kemampuan guru dalam menciptakan media. Dari permasalahan yang dit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: septiani, leni (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/337/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pembelajaran yang umumnya masih banyak menggunakan metode ceramah dan kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Penyebabnya, karena keterbatasan media pembelajaran dan lemahnya kemampuan guru dalam menciptakan media. Dari permasalahan yang ditemukan, rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan guru yang masih menggunakan metode ceramah dalam mengajar dan masih kurangnya media dalam proses belajar mengajar. Hal inilah yang membuat penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dan menggunakan media film animasi guna membantu hasil belajar siswa kelas V. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dalam mengidentifikasi unsur cerita dengan menggunakan media Film Animasi di kelas V SDN Grogol. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dengan film animasi berjudul Adit Sopo Jarwo, siklus II dan III dengan film yang sama tetapi dengan episod berbeda. Hasil belajar penelitian siklus ke-1 71, siklus ke-2 74 dan siklus ke-3 87. Uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti yaitu jika dengan menggunakan media film animasi dapat meningkatkan hasil belajar dalam mengidentifikasi unsur cerita siswa kelas V SDN Grogol II .
Item Description:http://repository.upi.edu/30037/1/S_KDSERANG_1306309_Tittle.pdf
http://repository.upi.edu/30037/2/S_KDSERANG_1306309_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30037/3/S_KDSERANG_1306309_Abstrak..pdf
http://repository.upi.edu/30037/4/S_KDSERANG_1306309_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30037/5/S_KDSERANG_1306309_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30037/6/S_KDSERANG_1306309_Chapter3.rtf
http://repository.upi.edu/30037/7/S_KDSERANG_1306309_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30037/8/S_KDSERANG_1306309_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30037/9/S_KDSERANG_1306309_Bibliography..pdf
http://repository.upi.edu/30037/10/S_KDSERANG_1306309_Appendix..pdf