MENGATASI KESULITAN MEMBACA NYARING DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan mengenai proses kegiatan belajar anak dikelas, yaitu rendahnya aktivitas belajar siswa, dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di lapangan, proses pembelajaran pada mata pelajaran B...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: rosmawati, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan mengenai proses kegiatan belajar anak dikelas, yaitu rendahnya aktivitas belajar siswa, dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di lapangan, proses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam keterampilan Membaca masih berpusat pada guru. Sehingga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan dalam belajar. Pada akhirnya pembelajaran tersebut membosankan dan kurang bermakna. Untuk mengatasi hal tersebut maka dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Membaca Nyaring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, meningkatkan keberanian siswa untuk tampil di depan kelas dan meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca serta meningkatkan hasil belajar siswa. Prosedur penelitian ini menempuh tiga siklus yaitu siklus I, II dan III. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat langkah sebagaimana yang dikemukakan oleh Kemmis dan MC. Taggart yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan direfleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas siswa, kemampuan siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Keberhasilan siswa dalam penelitian ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tiap siklus yang mengalami peningkatan. Yaitu siklus I nilai rata-ratanya 65,15, siklus II 74,75 dan siklus III 85,89.
Item Description:http://repository.upi.edu/30040/1/S_KDSERANG_1306336_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30040/2/S_KDSERANG_1306336_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30040/3/S_KDSERANG_1306336_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30040/4/S_KDSERANG_1306336_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30040/5/S_KDSERANG_1306336_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30040/6/S_KDSERANG_1306336_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30040/7/S_KDSERANG_1306336_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30040/8/S_KDSERANG_1306336_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30040/9/S_KDSERANG_1306336_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30040/10/S_KDSERANG_1306336_Appendix.pdf