PENGALAMAN ESTETIKA RELASI SAINS DAN SENI PADA KONSEP GAYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PJBL DI KELAS IV SD

Pengalaman belajar bertujuan agar siswa dapat memperkaya makna dan meningkatkan kemampuan siswa yang nantinya akan menghasilkan pengalaman estetika. Menjadi penting saat peneliti merelasikan Sains dan Seni pada pembelajaran Gaya, karena selama ini guru hanya terfokus pada aspek kognitif siswa dan gu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: rochmah, ristiana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/341/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03006 am a22002893u 4500
001 repoupi_30041
042 |a dc 
100 1 0 |a rochmah, ristiana  |e author 
245 0 0 |a PENGALAMAN ESTETIKA RELASI SAINS DAN SENI PADA KONSEP GAYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PJBL DI KELAS IV SD 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/30041/1/01_S_KDSERANG_1306404_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30041/2/03_S_KDSERANG_1306404_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30041/3/02_S_KDSERANG_1306404_Abstrak.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30041/4/04_S_KDSERANG_1306404_Chapter1..pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30041/5/05_S_KDSERANG_1306404_Chapter2..pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30041/6/06_S_KDSERANG_1306404_Chapter3..pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30041/7/07_S_KDSERANG_1306404_Chapter4..pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30041/8/08_S_KDSERANG_1306404_Chapter5..pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30041/9/09_S_KDSERANG_1306404_Bibliography..pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30041/10/10_S_KDSERANG_1306404_Appendix.pdf 
520 |a Pengalaman belajar bertujuan agar siswa dapat memperkaya makna dan meningkatkan kemampuan siswa yang nantinya akan menghasilkan pengalaman estetika. Menjadi penting saat peneliti merelasikan Sains dan Seni pada pembelajaran Gaya, karena selama ini guru hanya terfokus pada aspek kognitif siswa dan guru juga mengajarkan Sains dan Seni secara tak seirama, padahal sejatinya jika berbicara mengenai belajar bukan hanya tentang pikiran, tapi juga berbicara mengenai perasaan, dan lika-liku proses pembelajaran, barulah ekspresi pengalaman estetika positif akan muncul. Peneliti menggunakan model PjBL pada proses pembelajaran Gaya dengan plastisin warna-warni. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus pada siswa kelas IV sekolah dasar peneliti melakukan observasi partisipan dan dokumentasi saat proses pembelajaran, kemudian dianalisis dengan PEA. Hasil penelitian menunjukan bahwa relasi Sains dan Seni pada pembelajaran gaya dapat tergambar dengan jelas saat pembelajaran melihat siswa secara utuh baik pikiran, perasaan, dan lika-liku dalam proses pembelajaran. Kepuasan mereka atas karya seni yang mereka buat dengan Gaya ini berkaitan dengan keasliannya, saat siswa membuat karya dengan tangan kecil mereka yang ternyata memiliki nilai Seni. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan, ekspresi pengalaman estetika positif siswa muncul saat mereka merasa senang, semangat, dan saat mereka berusaha untuk meyelesaikan karyanya. Pengalaman estetika yang merelasikan Sains dan Seni pada pembelajaran Gaya yang menggunakan model PjBL dapat menggambarkan ekspresi pengalaman estetika postif siswa karena peran Encounter. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30041/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/341/