UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL "COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-TALK-WRITE"

Penelitian ini berangkat dari sebuah permasalahan yang terjadi dalam cara belajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Drangong 2 kelas IV. Dalam hasil observasi di dapati bahwa lebih dari 60% siswa yang belum bisa menulis pantun dengan baik dan benar. Berakar dari proses pembelajaran yang dis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: kurniawati, asrofie (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/349/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03237 am a22002893u 4500
001 repoupi_30049
042 |a dc 
100 1 0 |a kurniawati, asrofie  |e author 
245 0 0 |a UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL "COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-TALK-WRITE" 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/30049/1/S_KDSERANG_1307736_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30049/2/S_KDSERANG_1307736_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30049/3/S_KDSERANG_1307736_Abstrak.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30049/4/S_KDSERANG_1307736_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30049/5/S_KDSERANG_1307736_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30049/6/S_KDSERANG_1307736_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30049/7/S_KDSERANG_1307736_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30049/8/S_KDSERANG_1307736_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30049/9/S_KDSERANG_1307736_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30049/10/S_KDSERANG_1307736_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini berangkat dari sebuah permasalahan yang terjadi dalam cara belajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Drangong 2 kelas IV. Dalam hasil observasi di dapati bahwa lebih dari 60% siswa yang belum bisa menulis pantun dengan baik dan benar. Berakar dari proses pembelajaran yang disajikan guru kepada muridnya yang hanya menggunakan metode ceramah, maka sebab itu kegiatan pembelajaran yang terjadi di kelas terlihat pasif, siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan yang guru sampaikan tanpa interaksi yang hidup dalam aktifitas belajar di kelas. Melihat permasalahan yang ada, peneliti mencoba menawarkan solusi dengan merancang model pembelajaran Cooperative Learning tipe "Think.Talk.Write" dimana model ini yakni model yang membantu anak didik dalam membangun gagasan serta pikiran yang dituangkan kedalam sebuah tulisan. Oleh karenanya, rumusan penelitian ini ialah langkah-langkah pengimplementasian model pembelajaran CL tipe TTW dalam menaikan skill menulis pantun di zona belajar tingkat 4. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah model "TTW" dalam menambah kemampuan mencatat pantun di ruang kelas IV. Pola yang dipakai dalam re-search ini yakni class room re-search yang diadopsi dari model MC Tagart & Kemmis yang terdiri dari 4 babak yaitu; plan; act; observe; dan reflect. Hasil penelitiannya yaitu, think berarti 'berfikir', peserta didik diberikan kesempatan untuk memikirkan cara penyelesaian masalah. Selanjutnya, talk yang bermakna'berbicara', murid dikasih keleluasaan dalam berdiskusi membahas apa yang sudah dipikirkannya, sehabis itu write, dimana siswa/i menuangkan segala hasil yang dipikirkan dan didiskusikan dengan kelompoknya menjadi tulisan. berdasarkan data hasil temuan yang diperoleh dapat dirangkum bahwa gaya belajar memakai think, talk, write bisa menaikan kemahiran anak didik dalam upaya menulis pantun 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30049/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/349/