PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya pemahaman konsep siswa di kelas I di SD pada mata pelajaran matematika, hal ini ditandai dengan nilai yang diperoleh pada akhir pembelajaran masih dibawah KKM. Penelitian ini ditunjukan pada penerapan model pembelajaran CTL untuk meningkatkan pemahama...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Octaviana, Rina (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05201 am a22003373u 4500
001 repoupi_30090
042 |a dc 
100 1 0 |a Octaviana, Rina  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD 
260 |c 2017-06-13. 
500 |a http://repository.upi.edu/30090/1/S_PGSD_1307800_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30090/2/S_PGSD_1307800_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30090/3/S_PGSD_1307800_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30090/4/S_PGSD_1307800_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30090/5/S_PGSD_1307800_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30090/6/S_PGSD_1307800_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30090/7/S_PGSD_1307800_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30090/8/S_PGSD_1307800_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30090/9/S_PGSD_1307800_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30090/10/S_PGSD_1307800_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30090/11/S_PGSD_1307800_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya pemahaman konsep siswa di kelas I di SD pada mata pelajaran matematika, hal ini ditandai dengan nilai yang diperoleh pada akhir pembelajaran masih dibawah KKM. Penelitian ini ditunjukan pada penerapan model pembelajaran CTL untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas 1 SD. Berikut adalah beberapa langkah-langkah pembelajaran CTL: (1) Siswa mengkontruksikan sendiri pengetahuan dan keterampilan baru yang harus dimilikinya, (2) Melaksanakan kegiatan inkuiri, (3) Memunculkan pertanyaan-pertanyaan. (4) Menciptakan masyarakat belajar (5) Menghadirkan model, ilustrasi, atau bahkan media yang sebenarnya, (6) Melakukan refleksi dari setiap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, (7) Melakukan penilaian yang sebenarnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran CTL untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas 1 SD, (2) Mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep melalui model CTL untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas 1 SD. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa 1 SD. Hasil penelitian ini menggunakan model pembelajaran CTL untuk meningkat pemahaman konsep matematika menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa. Siklus I dengan nilai ketuntasan sebesar 59% dan nilai ketuntasan pada siklus II 84% dan siswa yang sudah mencapai KKM pada siklus II berjumlah 26 orang. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CTL dapat menjadi alternatif dan pembelajaran di kelas dan semoga penelitian ini bermanfaat bagi peneliti lain untuk menjadi bahan rujukan bila melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran CTL. -------- This research is motivated by the low understanding of the concept of students in class I in elementary school in mathematics subjects, this is marked by the value obtained at the end of learning is still under KKM. This research is shown on the application of CTL learning model to improve students' concept comprehension in grade 1 mathematics learning. Here are some steps of learning CTL: (1) Students construct their own new knowledge and skills that must be owned, (2) Implement inquiry activities, (3) raising questions. (4) Creating a learning community (5) Presenting models, illustrations, or even actual media, (6) Reflecting on every learning activity that has been done, (7) Conducting real assessment. Based on these problems, the purpose of this study are: (1) To describe the implementation of CTL learning to improve understanding of students' concepts in learning mathematics grade 1 SD, (2) Describe the improvement of concept comprehension through CTL model to improve understanding of learners concept in learning mathematics class 1 SD. The method used is Class Action Research (PTK) Kemmis and Mc model. Taggart with two cycles. The subjects of the study were 1 elementary school students. The results of this study using CTL learning model to increase understanding of mathematical concepts indicate an increase in understanding of student concepts. Cycle I with a value of 59% completeness and completeness value in cycle II 84% and students who have reached KKM in cycle II amounted to 26 people. The conclusion of this research is the application of CTL learning model can be an alternative and learning in class and hopefully this research is useful for other researchers to become reference material when doing research by applying CTL learning model. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30090/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39/