EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO FORMAT DRAMA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DI SEKOLAH DASAR : Studi Kuasi Eksperimen terhadap Peserta Didik Kelas IV di SDPN Setiabudhi Bandung

Pembelajaran di sekolah dasar masih banyak berpusat kepada Guru dan belum mamaksimalkan penggunaan media, terutama media audio format drama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penggunaan Media Audio Format Drama memberikan pengaruh yang efektif terhadap hasil belajar siswa pada tema be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Suhadha, Abdul Karim (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/311/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pembelajaran di sekolah dasar masih banyak berpusat kepada Guru dan belum mamaksimalkan penggunaan media, terutama media audio format drama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penggunaan Media Audio Format Drama memberikan pengaruh yang efektif terhadap hasil belajar siswa pada tema berbagai pekerjaan, khususnya ranah kognitif aspek menghafal, aspek memahami dan aspek mengaplikasikan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan gambaran apakah Media Audio Format Drama memberikan pengaruh yang efektif terhadap hasil belajar siswa ranah afektif dalam tema berbagai pekerjaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda dan essay untuk meneilai ranah kognitif. Sedangkan untuk angket digunakan untuk melihat gambaran siswa mengenai ranah afektif. Teknik penyampelan dalam penelitian ini menggunakan Cluster Sampling (gugus). Hasil penelitian secara umum menujukkan bahwa penggunaan media audio format drama belum memberikan peningkatan yang efektif terhadap hasil belajar ranah kognitif pada aspek menghafal, memahami dan mengaplikasikan siswa pada tema berbagai pekerjaan IV di SDPN Setiabudhi Bandung. Hal ini dibuktikan dengan kurang terlihatnya peningkatan skor dari setiap aspek kognitif pada kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. -------- Most elementary schools are stil doing teacher-centered learning. They also do not use each media optimally, in particular of the format of audio-drama media. This experiment wanted to know wehether or not the format of audio-drama media has significant influences towards student learning results on the theme of Various Jobs In Elemetary School, especially the cognitive domain includiing aspects of memorization, understanding and application. This research used quasi-experimental research method with Nonequivalent Control Group Design. The instrument research used multiple choice and essay in order to assess the cognitif domain. Questionnaires and cluster sampling technique were used to see the student's affective domain. The general result showed that the format of audio-drama media has not had significant influences towards the cognitive domain includiing aspect of memorizing, understanding and application on the theme of Various Jobs In Elemetary School on fourth grade in SDPN Setiabudhi, Bandung. This was showed by the lack of score increseas of each cognitive aspect in the experimental class before and after treatment.
Item Description:http://repository.upi.edu/30101/1/S_KTP_1105463_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30101/2/S_KTP_1105463_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30101/3/S_KTP_1105463_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30101/4/S_KTP_1105463_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30101/5/S_KTP_1105463_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30101/6/S_KTP_1105463_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30101/7/S_KTP_1105463_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30101/8/S_KTP_1105463_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30101/9/S_KTP_1105463_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30101/10/S_KTP_1105463_Appendix.pdf