IMPLIKASI KONSEP ŪLUL 'ILMI DALAM ALQURAN TERHADAP TEORI PENDIDIKAN ISLAM : Studi Analisis Terhadap Sepuluh Tafsir Mu'tabaroħ

Sejatinya, pendidikan merupakan proses pembinaan dan pengembangan potensi manusia secara optimal, baik menyangkut jiwa, akal dan hatinya. Oleh karena itu, proses pendidikan harus mampu menyentuh semua hal tersebut. Hal yang kontradiktif terjadi dalam dunia pendidikan, menunjukkan masih kurangnya kes...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Budiyanti, Nurti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-05-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3138/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Sejatinya, pendidikan merupakan proses pembinaan dan pengembangan potensi manusia secara optimal, baik menyangkut jiwa, akal dan hatinya. Oleh karena itu, proses pendidikan harus mampu menyentuh semua hal tersebut. Hal yang kontradiktif terjadi dalam dunia pendidikan, menunjukkan masih kurangnya kesadaran moral dan spiritual para pelajar serta orang-orang terdidik di Indonesia. Hal ini disebabkan pada praktiknya, sekolah hanya mengejar kelulusan dan intelektualitas peserta didik saja, sehingga tujuan yang dicapaipun bersifat parsial, tidak keseluruhan. Hasilnya pun pendidikan hanya sebatas transfer of knowledge, padahal aspek moral dan spiritual harus menjadi aktualisasi ilmu yang dimilikinya. Alquran memberikan bimbingan secara komprehensif dan integratif terhadap manusia dalam kaitannya terhadap pendidikan, dimana tidak ada dikotomi, melainkan kesatuan dan keseluruhan dalam pendidikan. Bukti dari kesempurnaan Alquran tersebut tergambar pada konsep ūlūl 'ilmi. Di dalam penelitian ini, peneliti berupaya menggali dan memahami konsep ūlūl 'ilmi dalam Alquran dengan merujuk kepada sepuluh Tafsir Mu'tabaroħ, yang diantaranya ialah: Tafsir Al-Miṣbāḥ, Tafsir Fi Ẓilalil Qur`ān, Tafsir Ibn Kaṡīr, Tafsir Aṭ-Ṭabari, Tafsir Al-Qurṭubi, Tafsir Al-Maraghi, Tafsir Al-Aiṡar, Tafsir Al-Mizan, Tafsir Al-Azhar, dan Tafsir At-Taḥrir Wa Tanwir. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep ūlūl 'ilmi dalam Alquran yang meliputi makna, karakteristik, peran dan fungsi ūlūl 'ilmi, serta implikasinya terhadap teori pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan secara prosedural metode yang digunakan adalah metode tahlīlī dan muqāran, dengan teknik studi pustaka dalam pengumpulkan data. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis teks dengan menggunakan dilālaħ dan munāsabaḥ. Berdasarkan penemuan dan analisis dalam penelitian ini didapatkan bahwa makna ūlūl 'ilmi ialah seseorang yang memiliki ilmu berdasarkan realitas, berwawasan luas, kecerdasannya mampu mencapai makrifat, dan hatinya teguh bertauhid karena memiliki tingkatan khasyyah seperti para ulama. Adapun implikasi konsep ūlūl 'ilmi terhadap teori pendidikan Islam meliputi; pendidik, peserta didik, tujuan, peran, fungsi, prinsip, metode, materi dan media pendidikan. ----------- Essentially, education is the process of optimally guiding and developing human potentials, both the soul and mind or heart. Therefore, education process should touch the whole aforementioned aspects. However, in reality there is still a lack of moral and spiritual awareness among students and educated people in Indonesia, which is contradictory to the essence of education. This lack of awareness is caused by schools that in practice merely pursue students' graduation and improvement in their intellectuality, which only represent the partial goal of education. As a result, education is merely a transfer of knowledge, while the moral and spiritual aspects should actually become the actualization of the knowledge they have. Alquran provides comprehensive and integrative guidance for human beings in terms of their education, where there is no dichotomy, but rather unity and totality. The proof of this perfection of Alquran is reflected in the concept of ūlūl 'ilmi. In this research, the researcher attempts to explore and understand the concept of ūlūl 'ilmi in Alquran by referencing ten Tafsir Mu'tabaroħ, namely: Tafsir Al-Miṣbāḥ, Tafsir Fi Ẓilalil Qur`ān, Tafsir Ibn Kaṡīr, Tafsir Aṭ-Ṭabari, Tafsir Al-Qurṭubi, Tafsir Al-Maraghi, Tafsir Al-Aiṡar, Tafsir Al-Mizan, Tafsir Al-Azhar, and Tafsir At-Taḥrir Wa Tanwir. The research aims to find about the concept of ūlūl 'ilmi in Alquran, encompassing its meaning, characteristics, roles, and functions, and their implications on Islamic education theory. It adopted qualitative approach, employing the procedural methods of tahlīlī and muqāran, with literature review as data collection technique. The data were analyzed textually, employing dilālaħ and munāsabaḥ. Based on the findings and analysis, it is found that ūlūl 'ilmi means someone who has reality-based knowledge, insights, and intelligence that can reach the level of makrifat, and his or her heart firmly believes in tauhid because he has reached the level of khasyyah as the clerics have. The implications of this ūlūl 'ilmi concept on Islamic education theory apply to: educators, students, and goals, roles, functions, principles, methods, materials, and media of education.
Item Description:http://repository.upi.edu/30138/1/S_PAI_1205404_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30138/2/S_PAI_1205404_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30138/3/S_PAI_1205404_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30138/4/S_PAI_1205404_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30138/5/S_PAI_1205404_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30138/6/S_PAI_1205404_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30138/7/S_PAI_1205404_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30138/8/S_PAI_1205404_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30138/9/S_PAI_1205404_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30138/10/S_PAI_1205404_Appendix.pdf