PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI: Studi Kasus pada Proses Pembelajaran Membaca Permulaan di Dua Taman Kanak-kanak di Kecamatan Cimahi Selatan

Penelitian ini terinspirasi oleh isu pro dan kontra tentang penerapan pembelajaran membaca permulaan pada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD). Ada pihak yang menganjurkan agar pembelajaran membaca tidak diajarkan pada jenjang PAUD tetapi ada pihak lain yang ingin pembelajaran membaca diperkenal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dewi, Cresensia Dina Candra Kumala (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-03-17.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/314/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini terinspirasi oleh isu pro dan kontra tentang penerapan pembelajaran membaca permulaan pada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD). Ada pihak yang menganjurkan agar pembelajaran membaca tidak diajarkan pada jenjang PAUD tetapi ada pihak lain yang ingin pembelajaran membaca diperkenalkan sejak jenjang PAUD. Bahkan ada Taman Kanak-kanak (TK) yang menjadikan membaca sebagai syarat "kelulusan" anak. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyelenggaraan pembelajaran membaca di TK Kartika X-8 dan di TK Makedonia di Cimahi Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus terhadap proses pembelajaran membaca di dua TK tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca sudah diselenggarakan di dua TK penelitian dengan tujuan untuk mempersiapkan anak masuk ke jenjang SD. Materi pembelajaran membaca di dua TK tersebut terdiri dari pengenalan bentuk dan nama huruf, suku kata dan kata. Secara keseluruhan ada 11 metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran membaca, tetapi yang paling sering digunakan adalah metode bermain kartu kata. Media yang digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan juga beragam dan yang paling sering digunakan adalah media kartu. Guru melakukan evaluasi pembelajaran melalui observasi yang dilakukan pada proses pembelajaran. Adapun kendala utama yang dialami oleh guru dari dua TK tersebut yaitu kurangnya media pembelajaran yang disediakan oleh pihak sekolah untuk menunjang proses pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi bagi berbagai pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran membaca, namun rekomendasi utama diberikan bagi guru agar menciptakan berbagai variasi metode pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar membaca pada anak. Kata kunci: pendidikan anak usia dini, pembelajaran membaca permulaan This research was initiated by the pro and contra ideas on the implementation of early reading lesson in the early childhood education. Some state that the early reading should not be taught at the early childhood education; however, others state that the early reading lesson should be started from the early childhood education. Some schools even make the ability to read as the requirement to graduate from the early childhood education. With the background of those ideas, this research is aimed to analyze the implementation of early reading education in TK Kartika X-8 and TK Makedonia in South Cimahi District. This research is done with a case study on the learning process of early reading lesson in those two kindergartens. The data collection is done with the observation, interview, and documentation study. The result of this research shows that early reading lesson is done in those two kindergartens with the purpose of preparing the students to enter the elementary school. The materials of early reading lesson in those two kindergartens are introduction to the shape and name of letters, syllables, and words. There are totally eleven learning methodologies used in the early reading lesson; however, the most frequently used teaching method is playing word cards. The media used in the learning process of early reading lesson also varies, and the most frequently used is cards. The teachers do the learning evaluation through observation done during the learning process. The main obstacle faced by the teachers in those two schools is the lack of learning media provided by the schools. The result of this research gives recommendation to all parties involved in the process of early reading lesson, but the prior recommendation is given to teachers to be able to create varieties of learning method to increase the interest of children in learning to read. Key words: early childhood education, the learning process on the early reading
Item Description:http://repository.upi.edu/30140/1/T_PAUD_1303164_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30140/2/T_PAUD_1303164_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30140/3/T_PAUD_1303164_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30140/4/T_PAUD_1303164_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30140/5/T_PAUD_1303164_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30140/6/T_PAUD_1303164_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30140/7/T_PAUD_1303164_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30140/8/T_PAUD_1303164_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30140/9/T_PAUD_1303164_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30140/10/T_PAUD_1303164_Appendix.pdf