PENERAPAN METODE MULTISENSORI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR (SLOW LEARNER TIPE DYSGRAPHIA) : Penelitian Eksperimen dengan Desain Single Subject Research pada Anak Berkesulitan Belajar Tipe Disgrafia Kelas 2 di Sekolah Dasar

Penelitian ini diawali dengan ditemukannya masalah pada anak sekolah dasar yang memiliki kesulitan belajar dalam hal menulis. Siswa mampu memegang alat tulis dengan baik dan benar, namun siswa tidak mampu menyalin atau meniru huruf dengan baik dan benar, tulisan siswa ketika menyalin sebuah paragraf...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sukamto, Sabrina Khoirunnisa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-07-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3166/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini diawali dengan ditemukannya masalah pada anak sekolah dasar yang memiliki kesulitan belajar dalam hal menulis. Siswa mampu memegang alat tulis dengan baik dan benar, namun siswa tidak mampu menyalin atau meniru huruf dengan baik dan benar, tulisan siswa ketika menyalin sebuah paragraf sangatlah tidak rapi, bahkan ada pengurangan dan mengubah huruf ketika siswa menyalin suatu paragraf. Metode multisensori dipilih sebagai motode yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan tipe experimen dengan single subject dan desain penelitian A-B-A'. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, pemberian tes, dan dokumentasi. Analisis data hasil eksperimen single subject research ini menggunakan analisis grafik penyajian hasil yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil analisis data melalui pembuatan grafik dan tabel menunjukan kemampuan yang menurun pada kondisi baseline-1 dan menunjukan kemampuan yang terus meningkat pada kondisi intervensi dan kondisi baseline-2. Adapun meningkatnya kemampuan ini meliputi aspek penggunaan tanda baca, aspek penggunaan ejaan, aspek penggunaan huruf, aspek penggunaan spasi. Metode multisensori dapat di katakan efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak disgrafia riangan.;---This research is based on problems that found on second grader in S elementary school which is writing's ability. Students can hold stationery properly, but they can't copy or imitate the sentence properly and correctly. Students write the letter with imprecise form; even they change and deduct the structure. Therefore, the multisensory method can be used as one of learning method that can solve this problem. This research is using experiment type with a single subject and A-B-A's design. The data will be accumulated by observation, interview, worksheet, and documentation. The data analysis that is based on single subject research is using analyze visual data tecnique. The result of the data is through the graphic and the table that shows the decreasing capability in baseline 1 and the increasing condition in baseline 2. The increasing capability includes particular aspects; punctuation, spelling, the use of letters, and the use of spaces. This multisensory method is an effective way to improve writing skill for students with dysgraphia.
Item Description:http://repository.upi.edu/30166/1/S_PGSD_1306061_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30166/2/S_PGSD_1306061_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30166/3/S_PGSD_1306061_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30166/3/S_PGSD_1306061_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30166/3/S_PGSD_1306061_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30166/3/S_PGSD_1306061_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30166/4/S_PGSD_1306061_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30166/5/S_PGSD_1306061_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30166/5/S_PGSD_1306061_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30166/5/S_PGSD_1306061_Appendix.pdf