PERBANDINGAN NILAI KEBUGARAN JASMANI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PERLAKUAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT)

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan nilai kebugaran jasmani siswa sekolah dasar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, populasinya adalah siswa Sek...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Zulhimi, Muhammad Luthfi Nur (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3219/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04634 am a22003253u 4500
001 repoupi_30219
042 |a dc 
100 1 0 |a Zulhimi, Muhammad Luthfi Nur  |e author 
245 0 0 |a PERBANDINGAN NILAI KEBUGARAN JASMANI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PERLAKUAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) 
260 |c 2017-06-20. 
500 |a http://repository.upi.edu/30219/1/S_SDPJ_1301440_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30219/2/S_SDPJ_1301440_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30219/3/S_SDPJ_1301440_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30219/4/S_SDPJ_1301440_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30219/5/S_SDPJ_1301440_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30219/6/S_SDPJ_1301440_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30219/7/S_SDPJ_1301440_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30219/8/S_SDPJ_1301440_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30219/9/S_SDPJ_1301440_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30219/10/S_SDPJ_1301440_Appendix.pdf 
520 |a Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan nilai kebugaran jasmani siswa sekolah dasar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, populasinya adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Tilil Kota Bandung dengan jumlah sampel 60 orang yang diambil dengan cara purposive sampling dengan ketentuan siswa berusia 10-12 tahun. Penggunaan desain dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Instrumen yang dignakan adalah Tes TKJI yang bertujuan untuk mengukur kebugaran jasmani. Teknik analisis data statistik menggunakan uji paired sample T test. Hasil perhitungan nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan sebesar 9,55 dengan simpangan baku 1,96 sedangkan nilai rata-rata sesudah diberkan perlakuan sebesar 14,36 dengan simpangan baku 2,44. Hasil penghitungan signifikansi hipotesis diperoleh thitung sebesar -14,46 dan ttabel -2,001. Kriteria pengujian untuk hipotesis ini adalah H0 ditolah dan H1 diterima apabila thitung < ttabel maka -14,36 < -2,001. Kesimpulannya bahwa sesudah diberikan perlakuan model pembelajaraan kooperatif tipe teams games tournament memberikan pengaruh terhadap peningktanan nilai kebugaran jasmani. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani siswa berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi pemenang dalam permainan beregu, hal ini membuat siswa bergerak lebih aktif bila dibandingkan dengan permainan individu karena siswa menjadi lebih termotivasi dengan titel pemenang diantara teman - teman yang lainnya. Sehingga tujuan pembelajaran ini dapat tercapai karena siswa dapat melakukan tugas gerak dengan lebih semangat dan aktif dalam pembelajaran yang dapat berdampak pada meningkatnya kebugaran siswa. ---------- The purpose of this research is to know how big the size of physical exercise of elementary school students before and after. The research method used is the experiment, the population is the students of SDN 2 Tilil Bandung with the number of samples of 60 people taken by way of purposive sampling with the provisions of students aged 10-12 years. The use of design in this research is one-group preest-posttest design. The instrument used is TKJI Tests aimed at measuring physical fitness. Statistical data analysis technique using paired sample T test. The result of the average calculation before the treatment was given 5.55 with standard deviation 1.96ARA average value with treated treatment 14,36 with standard deviation 2,44. The result of hypothesis significance is tcount -14.46 and ttable -2,001. Testing criteria for this hypothesis is H0 treated and H1 accepted after t count <ttabel then -14.36 <-2,001. Interpretation of the coaching model of training for physical exertion. Learning to teach physical students tries as much as possible to be a winner in team games, this makes students more advanced when compared with individual games because students become more motivated with the title winners from other friends. With this goal can be achieved because students can do their work more passionately and actively in learning that can affect on fitness. 
546 |a en 
690 |a GV Recreation Leisure 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30219/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3219/