PENGARUH ALAT BANTU AUDIO (LAGU SENAM CERIA) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN TINGKAT PARTISIPASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI : Eksperimen pada Tunagrahita SMPLB di SLB Negeri Cileunyi Kabupaten Bandung

Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh alat bantu audio (lagu senam ceria) dapat memberikan peningkatan terhadap minat belajar dan tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani siswa tunagrahita di SMPLB SLB Negeri Cileunyi. Metode penelitian menggunakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Septiani, Feti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-14.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3269/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh alat bantu audio (lagu senam ceria) dapat memberikan peningkatan terhadap minat belajar dan tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani siswa tunagrahita di SMPLB SLB Negeri Cileunyi. Metode penelitian menggunakan pre-experimental dengan one group pre-test post-test design. Variabel penelitian yaitu (1) variabel bebas alat bantu audio (lagu senam ceria) (2) variabel terikat: minat belajar, dan partisipasi siswa. Populasi penelitiannya adalah Siswa SLB Negeri Cileunyi kemudian yang dijadikan sampel sebanyak 5 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Berdasarkan pengolahan dan analisis data hasil dari pengujian dengan menggunakan SPSS 16.0. Untuk hipotesis semua data tersebut mempunyai nilai p < 0,05 sehingga ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan alat bantu audio (lagu senam ceria). Jadi kesimpulannya pembelajaran dengan menggunakan alat bantu audio (lagu senam ceria) dapat meningkatkan minat belajar dan tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di SLB Negeri Cileunyi.;---This study aims to investigate the effect of audio learning and (lagu senam ceria) toward the student's learning interests and the level of student's participation in physical education learning process for mentally dissabled student's in SMPLB SLB Negeri Cileunyi. The study used pre-experimental menthod with one group pretest posttest design. Research variables includes (1) free variable audio learning and (senam ceria song) (2) bound variable: learning interest and student's participation. The research population was SLB Negri Cileunyi student's with 5 male student's and 5 female student's as a sample. The data then processed and analyzed using SPSS 16.0. The hipotesis of the data is given p < 0,05 value. In order to see the significance difference between pre and post experiment using audio learning aid (senam ceria song). In conclusion. The use, of audio learning and in a learning process (senam ceria song) does improve learning interests and student's level of participation in physical education learning in SLB Negeri Cileunyi.
Item Description:http://repository.upi.edu/30269/1/S_JKR_1204097_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30269/2/S_JKR_1204097_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30269/3/S_JKR_1204097_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30269/4/S_JKR_1204097_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30269/5/S_JKR_1204097_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30269/6/S_JKR_1204097_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30269/7/S_JKR_1204097_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30269/8/S_JKR_1204097_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30269/9/S_JKR_1204097_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30269/10/S_JKR_1204097_Appendix.pdf