PEMBELAJARAN DIRASAH ISLAMIYAH DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUSSUDUR: Studi deskriptif terhadap siswa Madrasah diniyah Mifahussudur Kec. Cibugel Kab. Sumedang

Madrasah Diniyah merupakan pendidikan keagamaan yang bertujuan untuk melengkapi pendidikan agama yang sangat minim di sekolah dasar. Penelitian ini berjudul "Pembelajaran Dirasah Islamiyah di Madrasah Diniyah Miftahussudur". Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Mistahussudur yang b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Komarudin, Didin (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/338/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05140 am a22003253u 4500
001 repoupi_30308
042 |a dc 
100 1 0 |a Komarudin, Didin  |e author 
245 0 0 |a PEMBELAJARAN DIRASAH ISLAMIYAH DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUSSUDUR: Studi deskriptif terhadap siswa Madrasah diniyah Mifahussudur Kec. Cibugel Kab. Sumedang 
260 |c 2017-12-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/30308/1/S_PAI_1105010_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30308/2/S_PAI_1105010_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30308/3/S_PAI_1105010_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30308/4/S_PAI_1105010_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30308/5/S_PAI_1105010_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30308/6/S_PAI_1105010_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30308/7/S_PAI_1105010_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30308/8/S_PAI_1105010_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30308/9/S_PAI_1105010_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30308/10/S_PAI_1105010_Appendix.pdf 
520 |a Madrasah Diniyah merupakan pendidikan keagamaan yang bertujuan untuk melengkapi pendidikan agama yang sangat minim di sekolah dasar. Penelitian ini berjudul "Pembelajaran Dirasah Islamiyah di Madrasah Diniyah Miftahussudur". Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Mistahussudur yang beralamat di jalan raya Limbangan-Cibugel Rt/Rw 02/03 Dusun Cidomas Kelurahan Buana Mekar Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran di Dirasah Islamiyah di Madrasah Diniyah Miftahussudur terhadap hasil belajar PAI yang diperoleh oleh siswa. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, verification. Pada penelitian ini proses pelaksanaan pembelajaran dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu pertama guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, membahas materi yang sebelumnya dan menyambungkan dengan materi yang baru. Kemudian, pada kegiatan inti metode yang digunakan ketika menjelaskan materi pembelajaran yaitu dengan metode ceramah atau bercerita. Namun, untuk materi pelajaran yang sumber ajarnya dari kitab kuning menggunakan metode sorogan. Dan pada kegiatan akhir guru melakukan evaluasi, menyimpulkan materi pembelajaran, memberikan tugas (PR), dan berdoa, kemudian siswa membubarkan diri yang sebelumnya mencium tangan guru. Adapun hasil pembelajaran yang telah peniliti laksanakan menunjukkan hasil yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat pada nilai rapot yang diambil dari beberapa jenis evaluasi yang dilakukan oleh guru yang mengajar yaitu nilai harian, UTS, dan UAS. Kata Kunci: Pembelajaran dirasah Islamiyah, hasil belajar PAI, Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah is religious education that aims to complement a minimum religious education as they get at primary school. This study entitled "Learning Dirasah Madrasah Islamiah in Diniyah Miftahussudur". This research was conducted in Madrasah Diniyah Mistahussudur which is located on Jalan Raya Limbangan-Cibugel Rt / Rw 02/03 Dusun Cidomas Kelurahan Buana Mekar Kecamatan Cibugel of Kabupaten Sumedang. The purpose of this study was to determine the learning outcomes in Dirasah Madrasah Islamiah in Diniyah Miftahussudur on learning outcomes PAI obtained by the students. The method used is descriptive method with qualitative approach. The data collection technique using the technique of interview, observation and documentation. The process of data analysis is done through data reduction, data display, and data verification. In this study the implementation of the learning process is divided into three stages, the first lesson the teacher opened with greetings, pray, discuss the matter previously and connect with new material. Then, on core activities methods used when describing the learning material is by lecturing or telling a story. On the other hand, for the subject matter that is the source from "the yellow book" (The ancient muslim book) he taught using "Sorogan" method. And at the end of the activity the teacher evaluate the lesson, conclude the learning material, give the task (home work), and pray, and then the students have to kiss the hands of teachers when they will go to home. Researchers concluded that this lessons showed good results. This can be seen in school report book that the value taken from several types of evaluations conducted by teachers of the daily evaluation, Middle Semester Examination (UTS) and Final Semester Examination (UAS). Keywords: Learning Dirasah Islamiyah, learning outcomes PAI, Madrasah Diniyah. 
546 |a en 
690 |a BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30308/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/338/