KECENDERUNGAN KONTROL DIRI (SELF CONTROL) PESERTA DIDIK : Studi Deskriptif tentang Kontrol Diri di SMP Negeri 8 Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2016/2017

Penelitian bertujuan mendeskripsikan kecenderungan kontrol diri peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Sukabumi Tahun Ajaran 2015/2016. Kontrol diri merupakan kemampuan dalam menguasai aspek kontrol diri, yaitu kemampuan mengontrol perilaku, mengolah informasi, dan mengambil keputusan. Penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dini, Isnaeni Efendi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3344/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04093 am a22003133u 4500
001 repoupi_30344
042 |a dc 
100 1 0 |a Dini, Isnaeni Efendi  |e author 
245 0 0 |a KECENDERUNGAN KONTROL DIRI (SELF CONTROL) PESERTA DIDIK : Studi Deskriptif tentang Kontrol Diri di SMP Negeri 8 Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2016/2017 
260 |c 2017-06-16. 
500 |a http://repository.upi.edu/30344/1/S_PPB_1204399_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30344/2/S_PPB_1204399_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30344/3/S_PPB_1204399_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30344/4/S_PPB_1204399_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30344/5/S_PPB_1204399_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30344/6/S_PPB_1204399_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30344/7/S_PPB_1204399_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30344/8/S_PPB_1204399_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30344/9/S_PPB_1204399_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30344/10/S_PPB_1204399_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian bertujuan mendeskripsikan kecenderungan kontrol diri peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Sukabumi Tahun Ajaran 2015/2016. Kontrol diri merupakan kemampuan dalam menguasai aspek kontrol diri, yaitu kemampuan mengontrol perilaku, mengolah informasi, dan mengambil keputusan. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain Penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrument kontrol diri yang digunakan disusun berdasarkan aspek kontrol diri Averril yang mengungkap tiga aspek yaitu kontrol perilaku, kontrol kognitif, dan mengontrol keputusan. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu (1) Tingkat kontrol diri peserta berada pada ketegori tinggi. Tingkat kontrol diri berdasarkan aspek behavioral control berada pada kategori sedang artinya peserta didik memiliki kemampuan yang cukup dalam mengontrol perilaku dan keadaan yang tidak menyenangkan, berdasarkan aspek cognitive control berada pada kategori sedang artinya peserta didik memiliki kemampuan yang cukup untuk mengelola informasi yang tidak diinginkan, dan berdasarkan aspek decisional control berada pada kategori tinggi artinya peserta didik mampu memilih suatu tindakan berdasarkan pada sesuau yang diyakinin dan disetujui. (2) Implikasi Hasil Penelitian berupa Kerangka Bimbingan untuk Pengembangan Kontrol Diri Peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2016/2017. ;---This study aims to describe the tendency of self-control of students 8th SMP Negeri 8 Sukabumi in the academic year 2015/2016. Self-control is the ability to master aspects of self-control, namely the ability to control behavior, process information, and make decisions. The study was conducted using a quantitative approach. Design The research used descriptive method. The self-control instruments used are based on self-control aspects of Averril which reveal three aspects of behavior control, cognitive control, and decision control. The results of the research are (1) The level of self-control in high category. The degree of self-control based on the behavioral control aspect is in the moderate category means that learners have sufficient ability to control unpleasant behavior and circumstances, based on the aspect of cognitive control in the moderate category, meaning that learners have sufficient ability to manage unwanted information, and Based on the decisional control aspect of being in the high category means that learners are able to choose an action based on an approved and approved thing. (2) Implication of Research Result is Guidance Framework for Self-Control Development Class VIII Students in SMP Negeri 8 Kota Sukabumi Academic Year 2015/2016. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30344/ 
787 0 |n http://www.repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3344/