IDENTIFIKASI FITUR EPISTEMOLOGIS SISWA SMA BERDASARKAN LEVEL EVALUASI MELALUI GROUP MODEL PADA MATERI PEREDARAN DARAH

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi fitur epistemologis siswa berdasarkan level evaluasi pada materi peredaran darah. Terdapat tiga proses pembelajaran yaitu pembedahan jantung kambing, demonstrasi model jantung dan menggambarkan model diagram peredaran darah dalam kelompok kecil (grou...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mega, Laeni (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-07-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3352/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05054 am a22003133u 4500
001 repoupi_30352
042 |a dc 
100 1 0 |a Mega, Laeni  |e author 
245 0 0 |a IDENTIFIKASI FITUR EPISTEMOLOGIS SISWA SMA BERDASARKAN LEVEL EVALUASI MELALUI GROUP MODEL PADA MATERI PEREDARAN DARAH 
260 |c 2017-07-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/30352/1/S_BIO_1300997_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30352/2/S_BIO_1300997_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30352/3/S_BIO_1300997_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30352/4/S_BIO_1300997_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30352/5/S_BIO_1300997_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30352/6/S_BIO_1300997_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30352/7/S_BIO_1300997_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30352/8/S_BIO_1300997_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30352/9/S_BIO_1300997_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30352/10/S_BIO_1300997_Appendix.pdf 
520 |a Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi fitur epistemologis siswa berdasarkan level evaluasi pada materi peredaran darah. Terdapat tiga proses pembelajaran yaitu pembedahan jantung kambing, demonstrasi model jantung dan menggambarkan model diagram peredaran darah dalam kelompok kecil (group model). Level evaluasi siswa dapat diidentifikasi pada pembelajaran ketiga. Level evaluasi model dikategorikan menjadi empat level yang berdasarkan empat kriteria evaluasi yaitu tidak ada evaluasi, evaluasi berdasarkan sumber otoritatif (guru, teman sebaya, buku teks dll), evaluasi dengan kriteria dangkal (estetika, fitur & terminologi) dan evaluasi dengan kriteria yang lebih komprehensif. Siswa yang berada pada level 2 menunjukkan epistemologis absolut yang menganggap pengetahuan bersifat mutlak dan menekankan sumber otoritas sebagai kriteria mutlak untuk mengevaluasi model. Epistemologis evaluatif ditunjukkan oleh siswa pada level 3 dan 4. Mereka yang memiliki epistemologi evaluatif memandang pengetahuan bersifat tentatif dan dapat dikembangkan melalui interaksi dengan orang lain. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskripstif. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi kelompok, model diagram peredaran darah kelompok dan video diskusi setiap kelompok yang ditranskripsikan ke dalam kerangka kerja proses pengembangan model. Penelitian ini menemukkan 3 level evaluasi dari 4 level evaluasi yaitu level 1, 2, dan 4. Level 1 ditemukan pada kelompok 7, 8, dan 9, level 2 ditemukan pada kelompok 1, dan level 4 ditemukan pada kelompok 2, 3, 4, 5, 6, dan 10. Hasil analisis model kelompok menunjukkan bahwa hanya kelompok 1, 2, 3, dan 5 yang menghasilkan model yang tepat. Bedasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa level evaluasi tidak selalu menentukan hasil akhir dari model diagram peredaran darah siswa.;--- The aim of this study is to identify students' epistemological feature based on level of evaluation in the topic of blood circulation. There are three learning processes, namely dissection of goat heart, demonstration of heart model and describing diagram model of blood circulation in small group (group model). The level of students evaluation can be identified in third learning. The level of model evaluation can be categorized into four levels based on four criteria of evaluation, namely there is no evaluation, evaluation based on authorities resource (teacher, peers. textbook, etc), evaluation with superficial criteria (esthetic, feature and terminology) and evaluation with more comprehensive criteria. Students who are in level 2 show absolute epistemology considering that the knowledge is absolute and emphasize authority resource as absolute criteria to evaluate the model. Evaluative epistemology was showed by students who are in level 3 and 4. They who have evaluative epistemology view that knowledge is tentative and can be developed through interaction with the others. The method of study used is descriptive. Data of study is obtained from group observation sheet, diagram model of blood circulation made by group and discussion video of each group which is transcribed into the framework of model development process . This study finds 3 levels of evaluation from 4 levels of evaluation namely level 1, 2 and 4. Level 1 is found in group 7, 8, and 9, level 2 was found in group 1. and level 4 was found in group 2, 3, 4. 5, 6 and 10. The result of group model analysis shows that only group 1. 2, 3 and 5 which produce the correct model. Based on that result, it can be concluded that the level of evaluation not always determine the final result of diagram model of blood circulation made by students. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30352/ 
787 0 |n http://www.repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3352/